Persiapan Mudik, Ini Tips Memilih Car Seat Bayi

Car seat bayi di mobil.
Sumber :

VIVA.co.id – Menjelang libur Lebaran, penting dalam menjaga keamanan dan kenyamanan kendaraan. Terlebih, jika si kecil masih mengenakan car seat, usahakan untuk memperhatikan kenyamanannya selama mudik.

Pasang Kursi Bayi di Mobil, Ini Cara yang Benar

Pemilihan car seat yang tepat, menjadi salah satu upaya menjaga kenyamanan bayi. Terdapat beberapa fitur pada car seat untuk memberikan perlindungan, serta kenyamanan pada si kecil.

"Ada lima poin dalam memilih car seat yang aman dan nyaman. Pertama, pilih car seat yang memiliki side impact protector untuk hindari bahaya hantaman keras dari samping kanan atau kiri. Kemudian, pilihan perlindungan seatbelt yang tepat di car seat yang mencakup dua pundak, dua pinggang dan tulang ekor," ujar Mothercare Baby Expert, Dewi Nopiyanti, kepada VIVA.co.id.

Sayang Anak, Cara Ini Penting Dilakukan Saat Bepergian

Poin ketiga, lanjut Dewin, pilih car seat yang mampu menopang bagian kepala bayi. Keempat, adanya fitur reclaining seat agar bisa ditarik, membentuk posisi duduk yang nyaman.

"Terakhir, usahakan memiliki carry handle yaitu pegangan pada car seat untuk menggendong bayi, sehingga mempermudah orang tua. Tidak lupa juga memilih bahan yang nyaman, direkomendasikan dari poliester agar tidak panas," lanjutnya.

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Dituturkan oleh Dewin, hindari pemakaian car seat yang terlalu lama hingga mencapai dua jam lamanya. Sebab, berisiko menganggu pertumbuhan pada tulang tubuh bayi.

"Car seat jangan digunakan selama dua jam lamanya, karena bisa menghambat pertumbuhan tulang belakangnya. Saat sebelum dua jam, bisa digendong dulu sebentar. Setelah itu, taruh kembali di car seat," paparnya. (asp)

Ilustrasi

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Sucikan hati sebelumnya bulan Ramadhan.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2018