Inilah Negara Terbaik untuk Para Lansia

Stockholm di Swedia
Sumber :
  • facebook.com/visitstockholm
VIVAlife
Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
- Usia senja akan dihadapi oleh setiap orang. Namun tidak semua negara memiliki fasilitas memadai untuk kaum tersebut. Melintasi Eropa Utara, negara ini diakui sebagai tempat terbaik di dunia menghabiskan usia lanjut. Di manakah itu?

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Inilah Swedia. Negara yang memiliki fasilitas dan dukungan terbaik untuk orang-orang lanjut usia oleh penelitian yang dikaji The AgeWatch Global Index dan didukung PBB. Dalam penelitian ini, mereka menelusuri kehidupan orang-orang lanjut usia di 91 negara.
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024


Selain Swedia, Norwedia dan Jerman menempati urutan teratas. Sementara itu, Afghanistan, Tanzania dan Pakistan menempati peringkat terendah.


Penelitian dilakukan dalam skala global dan menggunakan 13 indikator yang berbeda. Sebagai contoh pendapatan, kesempatan kerja, layanan kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.


"Negara di seluruh dunia memiliki tantangan global, dalam menghadapi peningkatan populasi orang lanjut usia," kata Kepala Ekesekutif HelpAge International, Silvia Stefanoni, seperti dilansir laman
BBC
.


PBB mendukung penelitian ini untuk memperingari Hari Lanjut Usia pada 1 Oktober lalu. Menurut Silvia, agenda nasional dan global selalu mengecualikan populasi orang lanjut usia. Oleh karena itu, pemenuhan kebutuhan mereka pun terhambat.


Kekayaan bukanlah faktor yang dipertimbangkan. Negara-negara berkembang seperti Sri Lanka, Bolivia dan Mauritius pun menduduki peringkat atas di antara beberapa negara kaya.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya