Terpesona Pijaran Lava Biru di Kawah Ijen

Lava biru di Kawah Ijen.
Sumber :
  • Oddity Central

VIVAlife - Langkah-langkah kaki langsung berlarian setiap lava merah menyala menyembur dari gunung berapi. Lelehannya yang mengalir memang menyuburkan tanah, tapi panasnya juga bisa mematikan. Namun, lava yang satu ini berbeda.

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

Ia justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Destinasi ini menjanjikan pengalaman wisata yang berbeda. Sebab, lava yang muncul justru berwarna biru berpijar. Meski mencuat dari gunung berapi aktif, pelancong tak khawatir mendekat dan menikmati keindahannya.

Jika disaksikan malam hari, ia lebih memesona. Warna biru lava yang spektakuler terlihat jelas menyembur dari dalam gunung. Lava unik ini berasal dari kedalaman 200 meter Kawah Ijen di Gunung Ijen, Jawa Timur. Penambangan sulfur menjadikan lava kawah ini berbeda.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Tak hanya keunikan lava yang spektakuler dari Gunung Ijen. Pemandangan para pekerja tambang yang membawa sulfur dari dasar kawah juga menjadi pesona tersendiri. Banyak fotografer yang tertarik menjepretkan kameranya pada aktivitas mereka.

Apalagi, ada seiris ironi yang bisa ditangkap dari fenomena itu. Sebab, potret para pekerja tambang diiringi minimnya perangkat pengamanan. Hanya berbekal alat besi dan keranjang bambu. Hasil yang didapat pun tidak sebanding dengan risiko yang harus dihadapi.

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

Tertarik meraup keindahan eksotis sekaligus kisah miris di balik Kawah Ijen itu? Pelajari dulu medan dan kondisi. Ada baiknya minta ditemani masyarakat setempat. Sebab, mengutip Oddity Central, risiko panas yang intens dan bau asam sulfur yang menyengat bisa jadi penghalang.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto di acara Musrenbang Jambi 2025

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyingung terkait dengan lahan di Sungai Penuh yang bisa dimanfaatkan menjadi lumbung ketahanan pangan. 

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024