Asyiknya Agro Wisata Kebun Jeruk di Garut

Wisata Jeruk di Garut, Jawa Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat (Garut)

VIVA.co.id – Bagi Anda penyuka jeruk, terutama menyantap jeruk yang langsung dipetik dari tangkainya, ada baiknya untuk mencoba berkunjung ke kebun Jeruk Garut di Desa Situgede, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut Jawa Barat. Selain bisa memetik buah jeruk segar langsung dari tangkainya, juga bisa belajar menentukan bahwa jeruk tersebut benar-benar matang.

Era Industri 4.0, Kesempatan Garut Promosi Wisata Berbasis Digital

Kawasan tersebut berada sekitar 20 kilometer dari kawasan kota Garut, ditempuh dengan kendaraan roda empat hanya memakan waktu sekitar satu jam, dan bisa ditempuh hanya 30 menit jika menggunakan kendaraan roda dua.

Dasep Basrussalam, pengelola taman wisata kebun Jeruk Garut, mengatakan bahwa konsep wisata kebun tersebut adalah wisata agro, selain hiburan juga sisi edukasinya lebih kental. Pengunjung diajak untuk mengenali Jeruk Garut yang khas dengan rasa manis yang dominan ketimbang rasa asamnya.

Pantai Rancabuaya, Wisata Penuh Pesona di Garut Jawa Barat

"Yang tak kalah penting, tata cara panennya pengunjung agar tahu mana jeruk yang sudah waktunya dipanen, tidak asal petik," ujarnya, Jumat, 10 Februari 2017.

Jeruk Garut yang menjadi buah-buahan andalan Garut kini keberadaanya sudah langka, sehingga perlu dikembangkan. Selain rasa yang menyegarkan, Jeruk Garut juga tak mengenal cuaca. Untuk pengembangan Jeruk Garut sendiri sudah dilakukan sejak tahun 1964 silam.

Berkunjung ke Garut, Jangan Lewatkan 7 Objek Wisata Ini

"Agar kejayaan Jeruk Garut dahulu bisa kembali, makanya kami terus mengembangkannya, bukan hanya sekadar pengembangan sektor pertanian, namun kini kami kembangkan dalam sektor wisata," ungkap Dasep.

Para pengunjung yang datang, lanjut Dasep, akan diajak berkeliling di area kebun jeruk, yang luasnya mencapai beberapa hektare. Pengelola wisata kebun Jeruk Garut hanya mematok tarif Rp50 ribu tiap pengunjung, mereka akan dibekali topi petani, keranjang bambu, dan gunting.

"Jadi jeruk yang dipetik biasa dinikmati langsung atau dibungkus, dibawa pulang ke rumah," ucapnya.

Beberapa pengunjung kebun Jeruk Garut mengaku puas dan senang berlibur di kebun jeruk. Selain mendapatkan jeruk, para pengunjung juga bisa menikmati nasi liwet dan jus jeruk, disantap langsung di kebun jeruk.

"Yah kami cukup senang, berkunjung ke sini, kami bisa berwisata sambil belajar mengetahui tentang seluk beluk jeruk Garut," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya