Tanjung Lesung Perlu Bandar Udara yang Dekat

Menpar, Arief Yahya melihat potensi tinggi dari Pantai Tanjung Lesun
Sumber :
  • luzman/VIVA

VIVA.co.id – Menteri Pariwisata Arief Yahya melihat potensi tinggi dari Pantai Tanjung Lesung, Provinsi Banten. Festival Pesona Tanjung Lesung 2017 diadakan sebagai sarana efektif dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Banten juga sekaligus mempromosikan Tanjung Lesung yang ditetapkan pemerintah sebagai satu di antara 10 destinasi prioritas atau ‘Bali Baru’.

11 Destinasi Wisata Halal Unggulan Indonesia yang Wajib Didatangi

Namun, Arief sangat menyayangkan waktu tempuh yang terlalu lama menuju Tanjung Lesung. Sebuah destinasi wisata kelas dunia tidak boleh ditempuh lebih dari 2 jam. Solusinya, percepatan infrastruktur Jalan tol ke Serang-Panimbang yang berjarak 83 kilometer harus segera diselesaikan.

“Kami tidak bisa menjual Tanjung Lesung jika jarak tempuh masih 5 jam dari Jakarta. Selain tol, akses kereta api akan direaktivasi jalur Labuan hingga Panimbang,” kata Arief.

Penjelasan Menpar Terkait Okupansi di Tanjung Lesung Masih Rendah

Untuk akses udara, pria asal Banyuwangi itu dengan tegas mengatakan bahwa sebuah destinasi wisata kelas dunia harus punya international airport. Contohnya bisa berkaca pada Bandara Silangit di Danau Toba dan Bandara di Belitung yang akan menjadi bandara international tahun ini. Tanjung Lesung juga memiliki kesempatan yang sama, karena telah menjadi destinasi pariwisata prioritas.

“Walapun bandara Soekarno-Hatta terletak di Banten, namun lebih melayani greater Jakarta. Saya mengusulkan agar dibangun bandara lagi," ucap Arief.

Tiket Pesawat Masih Mahal, Menpar: Industri Pariwisata Terguncang

"Pandeglang sangat berkemungkinan jika wilayahnya sudah siap. Yang penting waktu tempuhnya tidak lebih dari dua jam ke Tanjung Lesung,” lanjutnya.

Kegiatan Festival Pesona Tanjung Lesung 2017 juga dimeriahkan dengan Lomba Kolecer dan Bebegig atau orang-orangan sawah untuk mengusir hama sawah seperti burung hantu atau tikus pada 22-24 September 2017. Selain itu, Rhino X Triathlon pada 24 September 2017 dan lomba MTB XC Marathon (Mountain Bike Cross Country) dan Sunset Trail Run  pada 23 September 2017.

Rhino X Triathlon ini akan melewati panjang lintasan renang 500 meter dan 1000 meter, rute sepeda 10 kilometer untuk satu putaran, dan rute lari 5 kilometer untuk satu putaran berada kawasan Tanjung Lesung meliputi area Beach Club, Mercu Suar, Sailing Club, Blue Fish, Bukit Mundi, Jalan Arteri, Desa Kalicaa, Pantai Bodur, dan Golf Land. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya