Menpar: Sirkuit Mandalika Akan Jadi Sirkuit Moto GP Pertama di RI

Menpar Arief Yahya
Sumber :
  • dok.ist

VIVA – Setelah hampir 30 tahun dan dirancang sejak era Soeharto, rupanya kini sirkuit Mandalika yang ada di Lombok akan segera bisa dirasakan manfaatnya. Dan tanggung-tanggung event balap motor kelas dunia MotoGP tahun 2021 akan digelar di sana. 

Arief Yahya Masuk Jajaran Tokoh Inspirasi Bangsa di Ajang Anugerah BUMN 2023

Setelah sebelumnya dikabarkan melalui akun Twitter resmi MotoGP, Menteri Pariwisata Arief Yahya juga memastikan kebenaran kabar tersebut. 

"Akan dioperasikan 2021, dan akan jadi sirkuit MotoGP pertama (di Indonesia) dan itu roadrace, racing di jalan raya tapi by design," kata Arief Yahya, usai launching JFC 2019, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Selasa, 26 Februari 2019. 

Arief Yahya: Grab dan Bukalapak akan Menyusul GoTo

Berbeda dengan sirkuit di Palembang ataupun Sentul, Mandalika memiliki desain unik dan banyak kelebihan. Dari jalan yang di desain khusus untuk balap motor, hingga hotel yang sengaja beberapa di antaranya dibangun dengan menghadap arena racing. Hingga fakta bahwa Mandalika berlokasi di kawasan penting wisata, membuat Mandalika menjadi salah satu tempat yang dijuluki Bali Baru.

"Kalau di Singapura ada dulu jalannya, hotelnya. Kalau ini dari awal sudah didesain," kata Menpar. 

Sandiaga, Arief Yahya dan Triawan Munaf Bahas Pariwisata Pascapandemi

Siap menyambut banyaknya tamu baik penggemar ataupun kru, pemerintah telah mengusahakan jalan existing. (ase)

Universitas Padjadjaran (Unpad) resmi meluncurkan Unpad EdEx

Resmikan Unpad EdEx, Universitas Padjadjaran Targetkan 100 Ribu Peserta di 2028

Universitas Padjadjaran (Unpad) resmi meluncurkan Unpad EdEx, sebagai penyedia pembelajaran eksekutif yang dapat dikonversi menjadi credit earning program pascasarjana.

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2024