Arief Yahya Masuk Jajaran Tokoh Inspirasi Bangsa di Ajang Anugerah BUMN 2023

Anugrah BUMN 2023.
Sumber :
  • Dokumentasi BUMN Track.

VIVA Bisnis – Menteri Pariwisata Kabinet Kerja tahun 2014-2019 Arief Yahya, berhasil meraih penghargaan Tokoh Inspirasi Bangsa pada ajang Anugerah BUMN 2023. Penghargaan itu diraih Arief Yahya atas beberapa prestasinya saat menjabat sebagai Menteri Pariwisata.

Berkat Transformasi, Transaksi BTN Mobile Naik 158,6 Persen per Maret 2024

Anugerah BUMN 2023 sendiri merupakan bentuk penghargaan tertinggi kepada tokoh inspirasi bangsa, yang berhasil masuk dalam jajaran kabinet dan pejabat publik.

Dilansir dari BUMN Track, Kamis, 16 Maret 2023, Arief Yahya diketahui pada 2012 berhasil meraih CEO BUMN Terbaik saat menjabat Dirut PT Telkom. Di bawah kepemimpinannya, sektor pariwisata berhasil membawa Indonesia masuk ke dalam tiga besar negara dengan penyumbang devisa, yang mana akhirnya ditetapkan sebagai core economy oleh Presiden.

Nama Eko Disebut Masuk Bursa Calon Menteri, PAN: Kita Tunggu Saja

Sebagai salah satu menteri yang berasal dari kalangan profesional, Arief juga tercatat berhasil meningkatkan promosi pariwisata Indonesia dengan branding ‘Wonderful Indonesia’ di kancah dunia, mengalahkan ‘Truly Asia Malaysia’ dan ‘Amazing Thailand'.

Managing Director VIVA, Arief Yahya

Photo :
  • VIVA/Arrijal Rachman
Zulhas Sebut Eko Patrio Bakal Jadi Calon Menteri

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Ignasius Jonan yang terpilih menjadi Menteri Perhubungan tahun 2014-2016 dan Menteri ESDM pada 2016-2019.

Jonan terpilih menjadi CEO BUMN Terbaik tahun 2013 saat menjabat Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI) yang berhasil mengubah kondisi perkeretaapian Indonesia. Dari semula kumuh dan semrawut, menjadi bersih, tertib dan terpelihara.

Melalui hal itu, Presiden Jokowi mengutus Jonan sebagai Menhub untuk melakukan pembenahan transportasi laut, udara dan darat selain kereta api.

Kemudian, penghargaan Tokoh Inspirasi Bangsa diberikan kepada Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan RI Kabinet Indonesia Maju sejak Desember 2020 hingga sekarang.

Managing Director VIVA, Arief Yahya.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Berikutnya, pada posisi pejabat publik, penghargaan Tokoh Inspirasi Bangsa diberikan kepada Arief Prasetyo Adi selaku Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) yang dilantik sejak Februari 2022.

Terakhir, Tokoh Inspirasi Bangsa dinobatkan kepada Silmy Karim selaku Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM sejak Januari 2023. Sebelumnya, ia meraih CEO BUMN Terbaik tahun 2022 saat menjabat Direktur Utama PT Krakatau Steel.

Atas penghargaan tersebut, tak menutup kemungkinan bagi para CEO terbaik yang terpilih pada Anugerah BUMN 2023 dapat mengikuti jejak karir sang pendahulu. Sebab Indonesia butuh pemimpin yang berkarakter, berani, visioner, serta kaya akan inisiatif dan inovasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya