Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Makin Berkembang

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjukkan komitmennya untuk membantu mengembangkan olahraga Indonesia. Mereka bersedia memberi dukungan sebagai sponsor.

Menganyam Masa Depan, Bank Mandiri Gelar Program Mandiri Sahabat Desa di Morowali

Dukungan tersebut kini mulai terlihat dampaknya. Beberapa cabang olahraga mampu bersaing di level internasional.

Kementerian BUMN yang dipimpin oleh Erick Thohir dalam beberapa tahun terakhir aktif memberi dukungan untuk kegiatan olahraga di Tanah Air. Untuk sepakbola ada dukungan dari BRI, lalu BNI menjadi sponsor bulutangkis Indonesia.

Relawan Bakti BUMN – PNM, Menumbuhkan Asa di Desa Nepal Van Java

Kompetisi basket profesional Indonesia, IBL didukung oleh Bank Mandiri. Kemudian ada PLN yang mendukung voli, dan Pupuk Indonesia memberi dukungan untuk angkat besi.

Indonesia U-23 yang tampil di Piala Asia U-23 2024 memperlihatkan kemajuan luar biasa. Sebagai debutan di turnamen tersebut, mereka mampu menembus empat besar. Untuk Timnas Indonesia, peluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia terbuka.

Talangi Gaji Karyawan Indofarma hingga Ratusan Miliar, Keuangan Bio Farma Ikutan 'Oleng'

Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting

Photo :
  • AP Photo/Ng Han Guan

Cabang olahraga bulutangkis juga mampu mempersembahkan hasil yang membanggakan untuk masyarakat Indonesia. Setelah gelar juara All England 2024 diraih Jonatan Christie dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, kini harapan besar di Thomas Cup dan Uber Cup dimunculkan.

Penampilan apik di level internasional juga dihadirkan olahraga basket. Pelita Jaya Bakrie menjadi tim Indonesia yang lolos ke Liga Champions Asia Basket.

Perkembangan basket di Indonesia itu juga yang membuat Federasi Basket Dunia (FIBA) berencana untuk membuka kantor di Jakarta, seperti FIFA yang sudah lebih dulu melakukannya.

Animo besar masyarakat akan olahraga voli juga sedang besar-besarnya. Proliga 2024 yang disponsori oleh PLN mampu menyedot perhatian publik.

Apalagi kompetisi ini digelar setelah adanya pertandingan persahabatan antara Red Sparks vs Indonesia All Stars. Indonesia Arena yang jadi lokasi pertandingan dipadati penonton.

Prestasi angkat besi di level internasional tidak perlu diragukan lagi. Cabang olahraga ini juga kerap menyumbangkan medali Olimpiade untuk Indonesia. Pupuk Indonesia adalah BUMN yang memberi dukungan kepada angkat besi.

Pada dasarnya, dukungan dari BUMN sebagai bapak asuh olahraga nasional begitu penting. Pengamat Bulu Tangkis Indonesia Daryadi menjelaskan, di era industri olahraga, sponsor menjadi salah satu faktor penentu dalam prestasi sebuah tim cabang olahraga.

Pengamat bulutangkis Indonesia, Daryadi mengatakan, dukungan dari BUMN ini amat penting bagi kemajuan olahraga Indonesia.

"Penting banget, karena olahraga sudah jadi industri. Dengan begini, harus ada investasi yang ujungnya atau tuntutannya prestasi. Jadi, jangan berharap ada prestasi jika tak ada investasi. BUMN atau swasta harus berperan, artinya ada campur tangan pihak ketiga untuk mengangkat prestasi olahraga nasional, bukan cuma bulutangkis atau sepakbola, tapi semua cabang olahraga," kata Daryadi.

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Nilmaizar, juga bicara hal senada. Menurut dia, dukungan seperti yang diberikan oleh BUMN kepada olahraga Indonesia itu memang diperlukan.

"Sangat perlu. Jadi, bicara seberapa jauh dibutuhkan, sangat diperlukan. Luar biasa jika BUMN mendukung sepak bola Indonesia, bulutangkis, dan olahraga nasional lainnya. Sebab, ini kan sudah masuk era industri," ujar Nil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya