Layanan Penerbangan Haji Banyak Masalah, Kemenag Sebut Manajemen Garuda Gagal

Juru Bicara Kemenag Anna Hasbie [dok. Humas Kementerian Agama]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) mencatat masih terjadi sejumlah persoalan penerbangan Garuda Indonesia pada fase pemberangkatan jemaah haji ke Madinah. Meski teguran tertulis sudah dilayangkan pada 16 Mei 2024 lalu, Kemenag merasa belum ada perbaikan layanan secara signifikan.

393 Jemaah Haji Kloter 16 Embarkasi Padang Telah Berangkat ke Tanah Suci

Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie menegaskan, Kemenag menilai manajemen Garuda Indonesia gagal dalam memberikan layanan terbaik kepada jemaah fase pemberangkatan, yang sudah berlangsung sejak 12 Mei 2024.

"Kami mencatat banyak persoalan yang terjadi dalam sepekan terakhir penerbangan jemaah haji Indonesia. Kami melihat performa Garuda Indonesia tahun ini sangat buruk. Kami sudah sampaikan teguran tertulis, tapi belum ada perbaikan signifikan," kata Anna dalam keterangannya, Rabu, 22 Mei 2024.

Teologi Lingkungan Dikampanyekan Penyuluh Agama Dengan Cara Aksi Tanam Sejuta Pohon

"Kami melihat manajemen garuda gagal dalam memberikan layanan terbaik untuk jamaah haji," ujarnya.

Pesawat Garuda Indonesia Terbakar di Udara saat angkut jemaah haji asal Sulsel. (Tangkapan Layar/istimewa)

Photo :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)
24 WNI Terjaring Modus Visa Haji Ilegal, Terancam Denda 10 Ribu Riyal dan 10 Tahun Banned

Anna menjelaskan, Kementerian Agama mencatat ada sejumlah persoalan pada penerbangan jemaah haji Indonesia, yang sudah berlangsung sejak 12 Mei 2024. Pertama yakni soal kerusakan mesin pesawat, yang terjadi di Embarkasi Makassar.

Dimana, sayap kanan pesawat Garuda Indonesia mengeluarkan api pada saat take off penerbangan jemaah kelompok terbang (kloter) lima Embarkasi Makassar UPG-05). "Kondisi ini berdampak domino pada keterlambatan sejumlah penerbangan setelahnya," kata Anna.

Kedua yakni soal keterlambatan penerbangan. Ontime performance (OTP) Garuda Indonesia dinilai juga sangat buruk, di mana prosentase keterlambatan keberangkatan pesawat Garuda Indonesia sangat tinggi yakni mencapai 47,5 persen.

“Dari 80 penerbangan, 38 di antaranya mengalami keterlambatan. Bahkan ada keterlambatan sampai 3 jam 50 menit. Kalau ditotal, keterlambatan itu mencapai 32 jam 24 menit. Ini tentu sangat disayangkan," ujarnya.

Pesawat Garuda Indonesia di Bengkel GMF AeroAsia.

Photo :
  • VIVA/Dusep Malik

Ketiga yakni pecah kloter. Dia menyebut perencanaan Garuda Indonesia juga meleset. Dimana, pecah kloter yang awalnya diperkirakan hanya akan terjadi satu kali, ternyata terjadi beberapa kali. "Salah satunya pecah kloter dialami UPG-06 karena Garuda tidak bisa menggantikan pesawat yang mesinnya rusak dengan jenis pesawat yang sama," kata Anna. 

Kemenag mencatat, sampai hari ini sudah ada empat penerbangan yang pecah kloter. Dimana, satu kloter jemaah tidak bisa diterbangkan secara bersama-sama. "Potensi ini masih bisa bertambah jika tidak dimitigasi dengan baik karena masa penerbangan jemaah ke Tanah Suci masih akan berlangsung hingga 10 Juni mendatang," ujarnya.

Penyedia Jasa Resmi Kursi Roda Untuk Jemaah Haji

Photo :
  • VIVA.co.id/Benu Junianto

Keempat, tas kabin dan kursi roda jemaah tidak terbawa. Peristiwa ini dialami oleh penerbangan jemaah kloter 28 Embarkasi Solo (SOC 28). Ada 11 kursi roda dan 120 koper kabin yang tidak terangkut. Akibatnya, jemaah dan petugas mencari-cari setelah mereka mereka mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

“Ini bahkan tidak ada informasi dari Garuda. Padahal petugas haji pontang panting terus mencarinya. Belakangan kita tahu bahwa 11 kursi roda dan 120 koper kabin itu tidak terbawa dan baru diterbangkan bersama pesawat yang memberangkatkan kloter 33 Embarkasi Solo atau SOC 33," kata Anna.

“Ini jelas merugikan jemaah SOC 28. Garuda harus meminta maaf dan memberikan kompensasi langsung kepada jemaaah. Garuda harus segera melakukan perbaikan ke depan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya