Sejarah Satu Abad Layanan Cuci Mobil

Satu abad layanan cuci mobil
Sumber :
  • inautonews.com
VIVAnews -
Bentrok Kelompok Pemuda di Bandar Lampung, 1 Pelajar Tewas
Layanan cuci mobil yang menjamur di sekitar lingkungan kita sudah berumur cukup tua. Tak dirasa, usia layanan cuci mobil ini sudah mencapai 100 tahun.

Wapres Ma'ruf Serukan Umat Islam Bangkitkan Ekonomi Syariah

Dilansir
Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia U-17 Wanita di Piala Asia
Inautonews , layanan cuci mobil sebetulnya diyakini sudah ada sejak 1885, yang saat itu hanya mengandalkan kendaraan kuno roda tiga ciptaan Carl Benz, seorang insinyur otomobil Jerman.


Namun catatan waktu diperdebatkan sampai muncul konsensus umum yang sepakat cuci mobil pertama merujuk pada kerjasama antara Motor City, Frank McCormick dan JW Hinkle yang memulai Automobile Laundry pada 1914.


Setelah itu, industri cuci mobil perlahan mulai berevolusi. Pada 1951, Anderson bersaudara yakni Archie, Dean dan Eldon, ketiganya berasal dari Seattle, Timur Laut Amerika Serikat menginisiasi cuci mobil otomatis. Menghilangkan tenaga manusia dengan menerapkan  seluruh proses pencucian sampai pengeringan secara mandiri.


Kini, industri cuci mobil profesional telah mempekerjakan sedikitnya 500.000 orang. Peralatan cuci mobil juga makin canggih, dengan melibatkan robot mesin cuci sampai mal cuci otomatis untuk membersihkan mobil kesayangan Anda.


Mesin Cuci Robotik di IIMS 2013

(Foto: Mesin cuci mobil berteknologi robot dipamerkan di IIMS 2013)


Guna memperingati usia seabad layanan itu, diselenggarakan sebuah acara dengan mengumpulkan 5.600 industri cuci mobil profesional dalam konvensi Asosiasi Cuci Mobil Internasional. Saat ini tercatat sudah ada 150.000 lokasi cuci mobil ritel secara global.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya