Nasib Tragis Mobil Keluarga Mitsubishi

Kabin Mitsubishi Expander.
Sumber :
  • Mitsubishi

VIVA.co.id – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia telah memperkenalkan small MPV baru di Indonesia. Mobil tersebut akan bersaing dengan beberapa produk di kelasnya, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Nissan Grand Livina.

Top Trending: Pasukan Elit TNI Kopassus Hingga Pengendara Mobil Mitsubishi Xpander

Jika ditelusuri, Mitsubishi bukan kali pertama bermain di segmen mobil keluarga. Sebelum memperkenalkan small MPV bermesin 1.500cc yang selama ini disebut Expander ini, Mitsubishi pernah menghadirkan mobil keluarga seperti Mitsubishi Kuda, Grandis, Maven, serta Delica.

Sayangnya, Mitsubishi Kuda, Grandis, dan Maven tak bernasib baik lantaran penjualannya dihentikan. Bahkan ketiga produk mobil keluarga itu sudah menghilang dari daftar mobil yang dijual Mitsubishi di Indonesia. Padahal secara desain dan kualitas juga terbilang bagus.

Mitsubishi Xpander Tabrak Kafe di Surabaya

Data yang dihimpun VIVA.co.id, Mitsubishi Kuda hadir sebagai multi purposes vehicle (MPV) pada 1999 dan terakhir dijual pada 2004. Mobil ini awalnya diposisikan untuk bersaing dengan Toyota Kijang dan Isuzu Panther yang menjadi favorit konsumen saat itu.

Guna mengimbangi lawannya, Mitsubishi Kuda ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni mesin bensin 2.000 cc dan mesin diesel 2.500 cc serta pilihan transmisi manual dan otomatis. Kuda juga mengadopsi bangku tiga baris untuk memaksimalkan daya angkut penumpang di dalam kabin.

5 Fakta Pengendara Mobil Mitsubishi Xpander Tabrak Showroom Berisi Porsche 911 GT3

Sementara Mitsubishi Grandis merupakan mobil keluarga segmen medium yang ditawarkan oleh pabrikan otomotif berlogo 'Tiga Berlian' tersebut. Grandis diketahui dijual di Indonesia pada 2003 dan kini sudah tidak lagi ada di pasar mobil baru.

Di pasar global, Grandis dikenal dengan nama Chariot yang memiliki desain seperti kapsul. Di Indonesia, Grandis menggendong mesin bensin berkapasitas 2.400 cc dengan transmisi otomatis.

Berbicara tentang Mitsubishi Maven, mungkin bentuknya tentu tidak asing bagi masyarakat. Maven dibangun dengan platform yang sama dengan MPV Suzuki APV dengan ubahan pada grille dan bumper depan, serta logo produknya.

Mitsubishi Maven ditawarkan oleh Mitsubishi pada 2004 dan hanya bertahan beberapa waktu saja dan penjualannya dihentikan pada sekitar tahun 2009.

Sementara untuk model Delica, MMKSI sebagai distributor resmi mobil penumpang Mitsubishi masih menjualnya untuk konsumen. Mobil ini berada di kelas yang sama dengan Toyota Kijang Innova. Sayangnya, Delica juga kurang mampu menggoda penggemar mobil di Indonesia.

Nah, kini Mitsubishi menghadirkan Nex Generation MPV yang selama ini disebut-sebut dengan Expander. Saat diperkenalkan kemarin, mobil ini langsung sukses menyedot perhatian masyarakat karena tampilannya yang begitu menggoda.

Namun apakah ini hanya euforia sesaat? Kita tunggu saja, biar waktu yang menjawab. (hd)

Mitshubishi akhirnya telah memperkenalkan mobil yang akan menjadi pesaing Toyota Avanza. Dengan bentuk lebih macho, mobil berjenis small MPV ini sangat menarik perhatian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya