Mudik Mewah ala Bus Tingkat Puma Tujuan Wonogiri

Bus tingkat Putera Mulya rute Jakarta - Wonogiri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Mudik dengan memanfaatkan moda transportasi darat bisa dilakukan menggunakan mobil, sepeda motor, bus, atau kereta. Bagi pemudik yang memilih bus untuk pulang ke kampung halaman, kini bisa menikmati sensasi perjalanan darat berbeda dengan menggunakan bus tingkat.

Pemudik Motor Kehilangan Pacar, dan Kawasaki KLX 230R Baru

Bus tingkat atau double decker menjadi pilihan baru bagi pemudik tahun ini. Salah satu perusahaan otobus yang menyediakan armada bus tingkat adalah PO Putera Mulya Sejahtera, atau di kalangan penggemar bus biasa disebut Puma.

Petugas tiket agen resmi Putera Mulya di Bekasi Timur, Ayu, mengatakan, bus tingkat jadi pilihan untuk konsumen yang hendak pulang kampung dengan tujuan Wonogiri.

Hyundai Ikut-ikutan Bikin Bus Tingkat, Tapi Pakai Tenaga Listrik

"Bus berangkat setiap hari, sore biasanya. Kalau dari Jakarta, berangkat hanya dari Terminal Pulo Gebang. Kemudian mampir ke Bekasi Timur untuk menaikkan penumpang di sini," kata Ayu saat ditemui VIVA.co.id.

Ia menjelaskan, bus double decker Putera Mulya menawarkan perjalanan kelas eksekutif dan elegan. Penumpang yang memilih duduk di bagian atas masuk kategori eksekutif, sedangkan di bawah adalah kelas elegan.

Alasan Hino Belum Bikin Bus Tingkat

Dek bawah berisi tempat duduk yang sangat nyaman dan terbatas untuk enam orang penumpang. Sementara itu, di dek atas bisa menampung 38 orang penumpang. 

"Untuk pilihan duduk, tergantung penumpang. Ada yang suka di bawah, ada juga yang mau di atas. Karena, katanya berbeda sensasinya," tuturnya.

Sekadar informasi, bus tingkat PO Putera Mulya merupakan produk Scania tipe K410 iB. Bagian bus dicat warna emas dengan stiker bergambar mobil lawas.

Bus ini dibekali mesin diesel berkapasitas 13.000 cc dengan enam silinder plus turbocharger, intercooler serta teknologi pengabutan injeksi ala Scania.

Soal fasilitas di dalamnya, terdapat jok dengan pengaturan elektrik dan sandaran betis, televisi LCD, cas ponsel, mesin pembuat kopi, dan toilet di setiap lantainya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya