Reza Rahadian Putar Ulang Kejadian Tsunami

Indonesian Movie Awards 2011; Reza Rahadian
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Ada berbagai cara yang ditempuh seorang aktor untuk dapat memainkan peranannya dengan baik. Begitu juga dengan aktor Reza Rahadian.

Dalam film terbarunya 'Hafalan Shalat Delisa', Reza berperan sebagai Abi Usman, seorang ayah dari empat anak perempuan. Film ini diangkat dari sebuah novel berjudul sama, yang ditulis oleh Tere Liye. Sesuai dengan isi novelnya, 'Hafalan Shalat Delisa' dilatarbelakangi kejadian tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 silam.

"Yang sulit adalah bagaimana referensi batin seorang ayah dalam keadaan seperti itu. Mau nggak mau akhirnya saya menonton (rekaman) kejadian itu lagi," kata Reza saat ditemui di Planet Hollywood, Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Reza mengaku keterlibatannya dalam film tersebut sempat membuatnya menahan airmata lantaran ceritanya begitu menyentuh. "Ada satu adegan yang membuat tangisan saya berlanjut. Selesai 'cut' saya ke belakang tempat sutradara dan menangis lagi," ujar pria yang pernah menyutradarai film pendek tersebut.

Bintang yang pernah menyabet piala FFI (Festival Film Indonesia) tahun 2010 itu melakukan proses syuting selama 20 hari di daerah Ujung Genteng dan Bogor. Lokasi pengambilan gambar sengaja tidak dilakukan di Aceh. Menurut sang sutradara Sony Gaokasak, mereka punya alasan tersendiri.

"Kalau kita bikin di situ, kita perlu pertimbangkan perasaan saudara-saudara yang ada di sana lagipula kondisinya sudah tidak sama lagi seperti sebelum terjadi tsunami. Biar bagaimanapun, Lhok Nga tidak akan tergantikan dan selalu ada di hati," ujarnya di tempat yang sama.

Dalam film ini Reza beradu akting dengan Nirina Zubir, Mike Lewis dan beberapa pemain cilik. 'Hafalan Shalat Delisa' rencananya akan dirilis pada 22 Desember 2011. (eh)

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat
Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024