Anak Muda Ditantang Wujudkan Mimpi di PassionVille 2017

Acara Passion Ville
Sumber :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Wismilak Foundation untuk kali kelima, kembali menyelenggarakan PassionVille, yang pada tahun ini memiliki tema 'Passion for Nation'. Ajang ini merupakan wadah untuk mewujudkan berbagai ide kreatif anak-anak muda, berupa program dalam bentuk rangkaian aktivitas seperti kompetisi, penampilan, pameran dan mentoring mengenai passion.

Pentingnya Bergabung dengan Komunitas Blogger

Sebagai contoh, pada Passionvile 2016 lalu, pihak penyelenggara pun memilih project audiobooks, atau buku suara bernama 'Voice for Changes', yang digagas oleh Abdullah Faqih dan teman-temannya sebagai pemenang The Most Inspiring #ProjectPassion. Ide dasar project tersebut adalah mengajak semua orang yang membaca buku untuk merekam suara mereka, dan kemudian dijadikan dikompilasi menjadi audiobooks bagi para tuna netra.

"Paling mahal dari PassionVille adalah ilmu dan mentor, karena project saya disentuh oleh mentor yang memang kerja di bidang kreatif," kata Faqih di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Bukan International Moneteri Fund, Sandiaga Ungkap 84 Persen UMKM Andalkan IMF untuk Permodalan

Faqih menjelaskan, kesempatan berkolaborasi dengan PassionVille ini menjadi batu loncatan baginya, untuk mengembangkan program Voice for Changes tersebut. Selain itu, Faqih juga mengaku mendapatkan penghargaan dari Bank Indonesia atas program yang digarap timnya tersebut, dan berkesempatan mempresentaskannya di depan sejumlah pejabat pemerintahan.

"Kami punya pekerjaan rumah mengubah Voice for Changes dari social project menjadi social entreprise project, karena kami sadar kalau dana tersebut akan habis dan kami harus tetap berkembang," kata Faqih.

Hyundai Indonesia Recalls Ioniq 5 and Ioniq 6 Over ICCU Software Update

Ditemui pada kesempatan yang sama, Edric Chandra yang menjadi penggerak #ProjectPassion menjelaskan, tema yang diangkat pihaknya ini digagas untuk mengajak anak-anak muda berkontribusi pada masyarakat. Project yang ingin diajukan para peserta pun harus memenuhi tiga kriteria, yakni sesuai passion, feasible atau dapat terealisasi, dan memiliki dampak positif yang besar.

"Poin ketiga ini penting karena harus memiliki dampak positif pada lingkungan terdekat, juga luas," kata Edric.

Untuk mereka yang merasa tertantang mewujudkan passion-passion-nya yang bisa bermanfaat untuk masyarakat luas, calon peserta bisa mendaftar dan memasukan ide melalui situs www.passionville.id, dengan batas waktu hingga 14 Oktober 2017. Setelah lolos seleksi, nantinya para peserta akan mendapatkan mentoring dari orang-orang yang superkreatif, untuk dipresentasikan ke dewan juri saat penilaian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya