Tersingkir Karena Cedera, Nadal Kritik Jadwal Padat Turnamen

Petenis Spanyol, Rafael Nadal
Sumber :
  • Reuters/Thomas Peter

VIVA – Nasib sial dialami Rafael Nadal. Dia harus tersingkir di babak perempatfinal Australia Open di Melbourne Park, karena mengalami cedera paha atas, Selasa 23 Januari 2018.

Zverev Ungkap Fakta Mengejutkan Australia Open 2022

Unggulan teratas tersebut memutuskan berhenti di set kelima saat melawan petenis Kroasia, Marin Cilic. Nadal pun kalah dengan skor 3-6, 6-3, 6-7 (5-7), 6-2, 2-0.

Usai pertandingan, Nadal tidak bisa menutupi kekecewaannya. Petenis Spanyol itu mengkritik jadwal padat ATP Tour yang berimbas pada banyaknya petenis yang cedera.

Lagi, 4 Peserta Australian Open Terinfeksi COVID-19

Sebelum Nadal, Novak Djokovic juga terlihat tidak bugar saat kalah dari Hyeon Chung. Djokovic baru pulih dari absen selama enam bulan karena cedera siku.

Tidak hanya itu, petenis unggulan lainnya, Andy Murray juga absen di turnamen bergengsi ini karena baru saja menjalani operasi pinggul awal Januari 2018.

Rencana Isolasi Peserta Australian Open di Hotel Terancam Digugat

"Siapapun yang menggelar jadwal ini harus berpikir sedikit tentang apa yang sedang terjadi," kata Nadal dalam jumpa pers usai laga, dilansir as.com, Rabu 24 Januari 2018.

"Ada terlalu banyak pemain yang cedera. Saya tak tahu apakah panitia berpikir tentang kesehatan pemain. Bukan untuk sekarang saja, tapi kehidupan saat pensiun," lanjutnya.

Sementara itu, terkait cedera yang menderanya di laga tadi, Nadal masih belum bisa memastikan. Dia masih harus menunggu hasil tes medis terhadap paha atasnya.

"Saya mulai mengalami sedikit kelelahan otot di set ketiga. Di set keempat, dalam satu pergerakan, saya merasakan sesuatu. Saya tak tahu seberapa buruk cedera ini," katanya.

"Jenis cedera seperti ini sulit untuk diketahui dalam waktu sesegera mungkin. Kami masih harus menunggu beberapa jam. Rabu (hari ini), saya baru akan menjalani tes MRI," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya