Jadi Tukang Palak, Puluhan Preman Ditangkap

Sumber :

VIVAnews – Sekitar 50 preman terjaring dalam razia di Bandar Lampung , Selasa 25 November 2008. Razia dilakukan selama lima jam diempat titik yakni Jalan Imam Bonjol, Pasar Bambu Kuning, Pasar Tengah, dan Pasar Bawah Tanjung Karang, Bandar Lampung.

Menurut Komandan Kompi Satuan Pengendalian Masyarakat Kepolisian Lampung, Ajun Komisaris Hermansyah preman yang ditangkap biasanya memeras supir angkutan kota di Pasar Bawah, Bandar Lampung. ”Sebagian lagi kami tangkap karena tidak memiliki KTP," katanya.

Menurut Hermansyah, preman yang tertangkap dibawa ke Kepolisian Resor Bandar Lampung. ”Bila ada yang dapat dijerat hukum, polisi akan memperkarakannya,” katanya.

Selama Bulan November, polisi Bandar Lampung telah menangkap lebih dari 100 preman, termasuk yang ditangkap melalui razia rutin tiap tiga hari. ”Razia ini untuk menindak lanjuti instruksi Kapolri,” katanya.

Sejak Januari 2008, sebanyak 424 preman ditangkap Kepolisian Bandar Lampung. Sebanyak 355 diantaranya dijaring dalam operasi pekat (penyakit masyarakat) yang berlangsung selama bulan Januari-Oktober 2008. Sementara sisanya, dijaring dalam operasi rutin pasca opersi pekat sejak awal November 2008.

Laporan: Agusta Hidayat/Lampung