KUR Khusus Usaha Busana dan Gaya Hidup Wanita Resmi Diluncurkan

sorot ramadan busana muslim
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

VIVA – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian resmi meluncurkan program pemberdayaan perempuan melalui Kredit Usaha Rakyat untuk usaha busana dan gaya hidup. Program tersebut bekerja sama dengan Zilingo dan dinamakan SheWorkz.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, peluncuran program tersebut dilakukan lantaran peranan perempuan di sektor usaha mikro, kecil dan menengah sudah besar. Karenanya, perlu dioptimalkan dengan adanya kemudahan pembiayaan.

"Angkatan kerja tingkat partisipasi nya 83 persen dari laki-laki umur kerja, perempuan 52 persen, masih lebih banyak laki laki. Tapi ada hal yang menarik dalam usaha UMKM itu perempuan lebih banyak dari laki laki, perempuan 64 persen berarti laki-laki hanya 36 persen," kata dia di acara tersebut, Gedung Smesco, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019.

Darmin menegaskan, peranan Zilingo nantinya tidak sebagai agen pemerintah namun sebagai pembina dan offtaker bagi komunitas perempuan yang produksi busana dan gaya hidup. Dengan begitu, produksi mereka lebih berkualitas dan memiliki standar yang berdaya saing.

"Saya percaya ini bisa kita dorong lebih cepat yakni dari sektor barang, sektor jasa selalu lebih cepat. Dengan kita luncurkan pemberdayaan perempuan melalui SheWorkz dan gaya hidup sekaligus meningkatkan inklusifitas keuangan kita," tegasnya.

Berdasarkan catatan, penyaluran KUR di sektor industri pakaian jadi dan perlengkapan menjadi yang terbesar dari total realisasi penyaluran KUR sepanjang Januari sampai dengan September 2019 yang sebesar Rp1,13 triliun kepada 45,1 ribu debitur, yakni mencapai Rp770 Miliar atau sebesar 67,6 persen dari total penyaluran.

"Kita perlu masuk makin dalam ke produksi di sektor jasa dan busana. Barang kali yang paling besar, adalah kegiatan yang paling besar peranannya di dalam industri dan ekspor kita, tentu masih banyak yang lain," tegasnya.

Meski begitu, untuk tahap awal ini, dia belum mau menyebutkan besaran target penyaluran KUR sektor busana yang bisa di capai dengan adanya program tersebut. Namun, dipastikannya program KUR untuk program tersebut tetap memiliki bunga yang sama dengan KUr lainnya, yakni 7 persen.

Selain melibatkan Zilingo, program tersebut juga kerja sama dengan Bank Mandiri, BNI dan BRI, Penjamin KUR seperti Jamkrindo dan Askrindo, Komunitas Cinta Berkain Indonesia, What’s On Jakarta, Komunitas Rimpu Indonesia, Komunitas Designer Etnik Indonesia, Indonesia Garment Training Center, dan PBNU.