Bapepam: Pembukaan Suspensi BCIC Belum Pasti

Sumber :

VIVAnews - Pembukaan penghentian sementara (suspensi) perdagangan saham PT Bank Century Tbk (BCIC) belum bisa dipastikan waktunya.

"Belum tahu kapan dibuka," kata Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Fuad Rahmany di Jakarta, Jumat, 28 November 2008.

Menurut Fuad, pembukaan suspensi transaksi saham Bank Century saat ini masih menunggu penyelesaian permasalah yang terjadi bank tersebut. "Jadi, sampai bank ini aman. Apalagi, ini kan untuk kepentingan publik," jelasnya.

Dia menambahkan, suspensi tersebut juga sebagai bentuk cara pemerintah dalam melindungi saham Bank Century agar tidak ada perubahan atau terjadi mutasi kepemilikan dulu. "Supaya gampang untuk diteliti, siapa saja pemegang sahamnya," ujar Fuad.

Fuad juga mengakui, langkah pemerintah menguasai sebagian dari saham publik, sifatnya hanya untuk penyelamatan. "Makanya ada suspensi dan kita hentikan semua perdagangan sahamnya," jelasnya.

Pada kesempataan itu, dia menampik, pembekuan segala transaksi perdagangan saham berkode BCIC itu atas permintaan Bapepam-LK. Sebab, pemberlakuan suspensi tersebut dilaksanakan sudah sesuai peraturan PT Bursa Efek Indonesia.