Awas! Jangan Sepelekan Berkendara Saat Hujan, Ini Tipsnya

Ilustrasi pengendara di tengah hujan.
Sumber :
  • VIVAnews/ Bambang Irawan

VIVA – Menggunakan kendaraan pribadi sudah menjadi kebutuhan banyak orang, barangkali Anda juga salah satu di antaranya. Membawa kendaraan sendiri kerap menjadi pilihan tepat ketika beraktivitas, sebab hal ini memang seringkali lebih efektif dan efisien ketimbang menggunakan transportasi umum.

Meski begitu, Anda tentu paham benar bahwa berkendara di jalan raya ada risiko tersendiri, apalagi saat hujan. Kondisi jalan raya saat hujan tentu akan menjadi lebih rawan, sehingga Anda perlu ekstra fokus selama berkendara.

Saat berkendara di tengah hujan, Anda akan menghadapi kondisi jalan raya yang licin. Hal ini berisiko menimbulkan kecelakaan, baik karena kelalaian Anda sendiri ataupun karena pengendara lainnya di jalan raya.

Sangat penting agar selalu berhati-hati selama berkendara di saat hujan seperti ini, apalagi jika Anda berkendara ketika hujan lebat atau bahkan di malam hari. Jika tidak mungkin buat berhenti sejenak, maka pastikan Anda tetap berkendara dengan cara yang paling tepat.

Tetaplah waspada dan fokus pada aktivitas Anda tersebut, sehingga berbagai risiko bisa dihindari dengan baik. Berikut tips berkendara saat hujan seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Selalu Patuhi Rambu Lalu Lintas

Saat berkendara di jalan raya, Anda wajib mematuhi rambu-rambu lalu lintas di sepanjang perjalanan Anda. Hal ini penting, bahkan meski Anda sedang berkendara di bawah guyuran hujan.

Rambu-rambu lalu lintas akan menjadi petunjuk bagi Anda selama di jalan raya, sehingga keselamatan bisa tetap terjaga dengan baik. Selain untuk Anda, rambu lalu lintas ini juga akan menjadi petunjuk bagi pengguna jalan raya lainnya.

Jika Anda dan semua pengguna jalan raya lainnya tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas, maka risiko kecelakaan di jalan raya tentu bisa dihindari. Meskipun hujan, pastikan Anda selalu mematuhi semua rambu lalu lintas, ya?

2. Selalu Nyalakan Lampu saat Berkendara

Hujan akan membatasi jarak pandang Anda selama berkendara dan hal ini sangat berisiko menimbulkan kecelakaan di jalan raya. Hindari kondisi yang buruk seperti ini dengan cara menyalakan lampu kendaraan saat berkendara.

Lampu yang terang akan membantu Anda melihat kondisi jalan raya dengan lebih baik, meskipun sedang turun hujan. Anda bisa memiliki jarang pandang yang baik, sehingga Anda bisa melihat dengan jelas kendaraan-kendaraan yang berada di depan Anda.

Hal ini penting untuk menghindari risiko tabrakan. Selain itu, lampu belakang Anda yang menyala juga akan membantu pengendara yang berada di belakang Anda untuk menjaga jarak dengan kendaraan Anda.

3. Jangan Ngebut, Berkendaralah dalam Kecepatan Rendah

Saat Anda berkendara di tengah hujan, maka hindari memacu kendaraan dengan cepat. Bukan hanya bagi Anda, hal seperti ini juga akan berisiko membuat pengendara lain celaka.

Kondisi jalanan yang licin dan kemungkinan juga padat merupakan tantangan tersendiri saat berkendara di tengah hujan. Anda perlu ekstra hati-hati dan selalu mengutamakan keselamatan.

Biasakan berkendara dalam kecepatan rendah, sehingga Anda bisa mengawasi kendaraan lain di sekitar. Selain itu, Anda juga bisa leluasa melihat kondisi jalanan yang dilalui, termasuk genangan air dan juga lubang-lubang yang bisa saja tidak disadari keberadaannya.

4. Jangan Lupa Selalu Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

Sama seperti Anda, pengemudi lainnya juga tentu was-was ketika berkendara di saat hujan. Hindari berada terlalu dekat dengan kendaraan lain, terutama yang berada di depan Anda.

Penting untuk selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain, sehingga Anda tetap bisa memiliki ruang yang cukup untuk mengatur laju kendaraan Anda. Selain itu, hal seperti ini juga akan memberikan rasa nyaman bagi pengendara lain di depan Anda.

Saat Anda menjaga jarak dengan kendaraan lain, Anda juga akan mencegah terjadinya tabrakan yang rentan terjadi di saat hujan seperti ini.

5. Hindari Bahu Jalan, Gunakan Jalur Tengah

Hujan selalu identik dengan angin yang cukup kencang dan ini cukup berisiko bagi Anda yang berkendara di jalan raya. Angin kencang seperti ini bisa saja membuat ranting atau pepohonan di pinggir jalan tumbang dan menimpa badan jalan, termasuk kendaraan yang ada di jalanan tersebut.

Hindari hal ini dengan baik sejak awal, apalagi ketika Anda berkendara di jalanan yang banyak pepohonan di sekitarnya. Gunakan jalur tengah selama berkendara di saat hujan.

Sehingga Anda bisa menghindari risiko tertimpa ranting dan pepohonan di sepanjang jalan raya yang Anda lalui. Selain itu, Anda juga bisa menghindari jalanan berlubang dan genangan air yang pada umumnya berada di bagian pinggir jalan raya.

Tetap Waspada Selama Berkendara Saat Hujan

Berkendara di saat hujan sering menjadi hal yang tak bisa dihindari, apalagi di saat musim hujan sudah tiba. Ada banyak risiko yang bisa terjadi dalam kondisi hujan seperti ini, sehingga sangat penting untuk selalu waspada selama dalam perjalanan. Pastikan Anda selalu fokus dan berkendara dalam kondisi yang prima, sehingga keselamatan Anda bisa tetap terjaga dengan baik.