Gerhana Matahari Cincin Ditegaskan Tak Ganggu Lalu lintas Penerbangan

Dirut AirNAv Novie Riyanto.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVAnews.

VIVA – Sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami fenomena Gerhana Matahari Cincin hari ini, Kamis 26 Desember 2019. Di Ibu Kota, puncak gerhana diperkirakan terjadi sekitar pukul 12.36 WIB. 

Bagaimana dampaknya kepada lalu lintas penerbangan di Indonesia?

Direktur Utama Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia, Novie Riyanto memastikan bahwa fenomena gerhana matahari cincin ini tidak mengganggu penerbangan.

"Kalau dari dari sisi ATC (Air Traffic Control) enggak ada (gangguan), karena kita enggak langsung kontak ke matahari," kata Novie ditemui di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis 26 Desember 2019. 

Soal apakah ini akan mengganggu pandangan pilot, dia mengaku tak berani berkomentar. Namun, dia menegaskan dari sisi pelayanan navigasi penerbangan tentunya aman.

"Insya Allah enggak ada masalah, karena kalau ada gangguan frekuensi segala macam kita tuh semua dual, radar kita dual, komunikasi kita dual, satelit GPS juga ada back up," kata dia. 

Dual yang dimaksud Novie adalah adanya cadangan jika satu sistem mengalami gangguan. "Kalau satu fail, satu masih bisa jalan," ucap dia.