Indonesia Terancam Cuaca Panas Ekstrem, Berikut Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat

Gelombang Cuaca Luar Biasa Panas Melanda Asia Selatan dan Tenggara
Sumber :
  • AARON FAVILA / AP

VIVA – Sebuah gelombang panas telah terjadi di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

BMKG Mulai Persiapkan Ekspedisi Investigasi Fenomena Kegempaan Zona Megatrust di RI

Menurut Guswanto, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, posisi matahari yang jauh dari ekuator saat ini berada di belahan bumi utara (BBU) menjadi penyebab cuaca panas akhir-akhir ini. 

Ilustrasi cuaca panas.

Photo :
  • Pixabay
Bikin Fans Histeris, Jisung NCT Pamer Otot: So Hot Ya!

Sangat penting untuk memperhatikan cuaca panas ekstrim yang melanda banyak negara di Asia Tenggara dan masyarakat harus waspada bahwa hal ini juga dapat terjadi di Indonesia. Maka dari itu, berikut beberapa tips untuk menghadapi musim panas:

1. Membersihkan wajah secara rutin

Cuaca Madinah Tembus 40 Derajat, Kemenag Imbau Jemaah Haji Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan

Lakukan pembersihan wajah dua kali sehari, pagi dan malam, dengan sabun cuci muka yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit.

2.Gunakan pelembap

Gunakan pelembap wajah secara rutin setelah membersihkan wajah, terutama setelah mandi. Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

3. Lindungi kulit dari sinar matahari

Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan saat cuaca mendung. Oleskan tabir surya 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan ulangi setiap dua jam sekali.

4. Gunakan produk perawatan kulit yang tepat

 Pilihlah produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli kecantikan jika Anda memiliki masalah kulit tertentu.

5. Hindari kebiasaan yang dapat merusak kulit

Hindari kebiasaan seperti merokok, minum alkohol berlebihan, dan sering menggaruk kulit. Kebiasaan buruk tersebut harus dijauhkan guna membuat kuliat tetap sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya