Kepala BMKG Ingatkan Sumatra Barat Harus Segera Miliki Sistem Peringatan Dini Banjir Bandang

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menganalisis peta sebaran aliran sungai yang berhulu dari Gunung Marapi dalam rapat koordinasi penanganan dampak bencana banjir lahar dingin di Bukittinggi, Sumatra Barat, Rabu, 15 Mei 2024.
Sumber :
  • ANTARA/M Riezko Bima Elko Prasetyo

Bukittinggi - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta wilayah Sumatra Barat untuk segera memiliki sistem peringatan dini bencana banjir bandang ataupun lahar dingin Gunung Marapi yang sangat rawan melanda daerah tersebut.

BNPB Segera Pasang 20 Sensor Peringatan Dini Banjir Bandang di Aliran Sungai Gunung Marapi

"Peringatan dini atau early warning system bencana banjir bandang maupun lahar dingin itu mesti berfokus pada pengamatan wilayah aliran sungai yang ada di Sumatra Barat Barat," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Bukittingi, Sumatra Barat Barat, Kamis, 16 Mei 2024.

Ia menjelaskan, selama ini peringatan dini bencana banjir di Sumatra Barat Barat hanya mengandalkan hasil analisa dan prakiraan cuaca yang diterbitkan oleh BMKG.

Ada 700 Ribu Meter Kubik Material Vulkanik Marapi Potensi Jadi Banjir Lahar, Menurut BNPB

Pencarian korban banjir lahar dingin

Photo :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah (Padang)

Berdasarkan hasil evaluasi atas bencana banjir lahar dingin pada 11 Mei 2024, peringatan dini dari hasil analisis cuaca BMKG tersebut tidak cukup untuk menggambarkan secara langsung kepada masyarakat bagaimana besarnya dampak yang ditimbulkan dari potensi hujan yang terdeteksi.

Gunung Marapi Erupsi Lagi Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 600 Meter

"Pendeteksian BMKG itu menggunakan satelit mencakup seluruh wilayah yang terpantau berpotensi hujan sedang-deras. Sementara saat banjir lahar yang lalu di wilayah hilir beberapa tidak hujan tapi hujannya di hulu, dan ini yang kurang tersampaikan kepada masyarakat, jadi kami rekomendasikan untuk ada peringatan dini khusus sungai," kata dia.  

Berdasarkan peta dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang diterima oleh BMKG diketahui Sumatra Barat Barat memiliki setidaknya sebanyak 25 aliran sungai yang bagian hulunya berada di wilayah Gunung Marapi. 

Semua aliran sungai tersebut, menurutnya berpotensi menimbulkan bencana banjir bandang dan banjir lahar dingin seiring masih adanya potensi hujan intensitas sedang - deras hingga tanggal 22 Mei 2024, dan juga masih banyak material vulkanik mengendap di puncak-lereng Gunung Marapi yang erupsi beberapa pekan lalu.  

Viral, Masjid di Sumbar Kokoh Berdiri Pasca Dihantam Banjir Bandang Lahar Dingin

Photo :
  • X | harimauminang

Pada pelaksanaan teknis bentuk sistem peringatan dini yang dibutuhkan itu mulai dari mendirikan bendungan pengendalian aliran endapan atau Sabo Dam di sisi hulu ke-25 aliran sungai, hingga membuat sirene atau suar tanda bahaya yang bisa direspons langsung oleh masyarakat.  

"Dalam hal ini mungkin pihak Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai di Sumatra Barat Barat untuk menindaklanjutinya, sehingga bisa mereduksi dampak yang ditimbulkan oleh bencana itu di kemudian hari," ujarnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya