Merasa Tertekan di Kantor, Coba Atasi dengan Cara ini

tanda-anda-stres-akibat-bekerja.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Saat Anda dihadapkan dengan pekerjaan yang mengharuskan bekerja di bawah tekanan, tentu akan merasa lebih berat dari biasanya. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk tahu semua ketentuan pekerjaan sebelum melamar pekerjaan tersebut.

Jika sudah masuk ke dalam pekerjaan tersebut, tentu deadline tidak bisa Anda hindari. Bijaklah dalam mengatur emosi Anda saat harus bekerja di bawah tekanan. Jika tidak, dampaknya akan berpengaruh pada kondisi fisik dan mental Anda.

Biasanya Anda akan jadi cepat marah, murung, bahkan parahnya lagi kesehatan bisa terganggu jika tidak bisa mengatasi masalah ini. Ada beberapa cara tepat untuk menghadapi pekerjaan di bawah tekanan dengan tepat. Jika Anda sedang mengalami tekanan pekerjaan, coba atasi dengan cara berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Buat Manajemen Waktu dalam Melakukan Pekerjaan

Menghadapi berbagai tekanan saat bekerja mengharuskan Anda pintar dalam membagi waktu. Sebaiknya buatlah manajemen waktu dengan menetukan serangkaian daftar kegiatan agar pekerjaan bisa terselesaikan tepat waktu.

Selain itu, menyusun daftar kegiatan juga bisa membantu Anda membiasakan diri untuk lebih disiplin dalam membagi waktu. Dahulukan pekerjaan yang sangat penting, barulah setelah itu kerjakan yang lainnya.

Usahakan untuk tidak melakukan kegiatan di luar jadwal yang sudah Anda buat. Jika tidak, bukan tak mungkin bikin pekerjaan Anda berantakan.

2. Jangan Sekali-kali Menunda Pekerjaan

Jika sudah ada daftar kegiatan, jangan sekali-sekali menunda pekerjaan yang sudah Anda tentukan. Menunda pekerjaan hanya akan menyusahkan Anda sendiri.

Pekerjaan akan semakin menumpuk dan membuat tugas yang ringan jadi terasa sangat berat. Keprofesionalan Anda juga berkurang karena tidak bisa tepat waktu dalam mengumpulkan tugas yang sudah diberikan.

Selagi Anda masih bisa fokus, kerjakan sampai selesai meski badan dan pikiran Anda meronta ingin segera melakukan aktivitas lain.

3. Kalau Bukan Diri Anda Sendiri, Siapa Lagi? Semangati Diri Sendiri

Kadangkala otak kita merasa jenuh dan lelah saat harus mengerjakan serangkaian pekerjaan yang itu-itu saja. Namun, Anda bisa terus menyemangati diri dan memotivasi agar bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Mungkin sesekali Anda bisa mentoleransi dengan istirahat sejenak, namun jika kebiasaan tersebut berlarut dan berlanjut seterusnya justru akan membuang waktu berharga Anda.

Atas kerja keras yang dikerahkan selama sepekan, luangkan waktu berlibur di akhir pekan untuk menyegarkan kembali pikiran yang sudah lelah bekerja.

4. Tetap Fokus dengan Target Hari ini yang Sudah Ditetapkan

Pekerjaan yang Anda miliki memang terkadang terasa berat dan menjadi semakin banyak jika tidak segera diselesaikan. Terlebih lagi jika Anda tidak bisa memilih dan memilah mana pekerjaan penting yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan mana pekerjaan yang bisa diselesaikan nanti.

Tidak dimungkiri, selalu saja ada pekerjaan yang muncul dan membuat daftar pekerjaan Anda bertambah banyak dari waktu ke waktu. Jadi, tetaplah fokus pada daftar pekerjaan yang sudah Anda buat sebelumnya. Ini akan membuat target pekerjaan hari ini bisa diselesaikan dengan baik.

5. Ubah Pola Pikir Anda yang Selama ini Negatif

Jika sebelumnya pikiran Anda menganggap sebuah pekerjaan adalah salah satu beban yang membuat sering merasa tertekan, mulai saat ini ubahlah pemikiran tersebut.

Anggaplah pekerjaan dengan deadline yang ketat ini salah satu cara untuk melatih kedisiplinan, meningkatkan rasa percaya diri, dan juga cara untuk memperluas jaringan serta kemampuan Anda. Selain itu, bekerja dengan deadline yang ketat juga bisa Anda anggap sebagai tantangan yang harus ditaklukkan dengan semangat yang tinggi.

6. Berusahalah Menyadari Beberapa Hal Lain

Setiap pegawai memiliki scoup pekerjaan yang berbeda. Anda pun pasti memiliki tugas yang berbeda dengan pegawai lainnya. Fokuslah dalam menyelesaikan tugas yang sudah diberikan. Namun, ada kalanya Anda juga harus memperhatikan sekeliling. 

Sadari jika suatu saat ada pekerjaan yang belum terselesaikan. Anda bisa memberitahukan pada teman sekantor atau teman satu divisi Anda.

7. Jangan Lewatkan Istirahat di Waktu Senggang

Menghadapi tekanan yang berat tentu membuat otak Anda harus bekerja lebih ekstra. Hal ini membuat otak kelelahan dan membutuhkan istirahat. Jika ada waktu senggang, meski hanya sebentar sebaiknya Anda gunakan untuk istirahat.

Daripada Anda habiskan untuk bercengkerama dengan teman atau membuang waktu sia-sia dengan bermain game. Anda bisa melakukan senam ringan seperti meregangkan otot tangan dan juga kaki. Atau menggerakkan leher ke kanan dan ke kiri. Ini akan sangat membantu melancarkan aliran darah dan oksigen pada otak.

8. Makan dan Minumlah Secukupnya

Konsumsi makanan dan minuman yang sehat selama Anda menghadapi tekanan dalam bekerja. Ini akan membantu pikiran Anda segar dan lebih bersemangat dalam bekerja.

Selain itu, makan dan minum secukupnya saja. Jika makan terlalu banyak Anda akan merasa mengantuk, tidak nyaman, tidak bersemangat, dan ini akan membuat pekerjaan Anda tertunda.

Jadikan Semangat Bekerja sebagai Motivasi Diri

Tentukan target yang akan Anda capai setelah bekerja keras. Ini akan menumbuhkan semangat bekerja dan menjadi motivasi diri dalam menghadapi berbagai tekanan. Saat merasa tertekan karena pekerjaan yang berat, Anda akan mulai mengingat motivasi diri yang sudah ditanamkan, untuk apa Anda lakukan itu semua?

Setelah itu, tentu semangat dalam bekerja akan muncul dengan sendirinya membuat Anda lebih semangat dan percaya diri dalam menghadapi semua tantangan dan tekanan dalam bekerja.