Kuartal II, Realisasi Investasi Naik 40%

ilustrasi investasi
Sumber :
  • Adri Prastowo

VIVAnews - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan pertumbuhan investasi sepanjang kuartal II-2010 lebih dari 40 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

"Pekan ini kami akan mengeluarkan siaran pers, jadi ketahuan angka pastinya," kata Kepala BKPM, Gita Wirjawan, usai mengikuti rapat koordinasi dengan para menteri bidang perekonomian di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Senin 26 Juli 2010.

Kendati belum mengetahui secara persis nilai investasi sepanjang April-Juni 2010, Gita mengungkapkan bahwa realisasi investasi penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN) meningkat.

Kondisi itu berbeda dengan realisasi investasi pada kuartal I-2010 yang naik 25 persen. Sayangnya, kenaikan hanya terjadi pada sektor investasi PMA, sedangkan PMDN turun.

Gita memperkirakan kenaikan investasi tersebut di antaranya karena mulai munculnya gejala pengalihan investasi dari negara lain ke Indonesia. Selain itu, investor asing melirik kembali investasi di Tanah Air karena iklim yang dianggap sudah mulai sehat. (hs)