Pendukung Sultan Turun ke Kampung-kampung

Sumber :

VIVAnews – Tim pendukung calon presiden Sultan Hamengku Buwono X bergerak di daerah-daerah. Mereka menjual nama Sultan untuk meluaskan dukungan maju meraih kursi presiden.

Salah satu pendukung Sultan bernama Tim Pelangi Perubahan. Tim ini dimotori pengamat politik Sukardi Rinakit. Sukardi bergerak turun ke daerah bersama sineas Garin Nugroho dan pemusik Franky Sahilatua.

Sukardi mengatakan tim ini tidak hanya masuk ke daerah tingkat kota dan kabupaten, melainkan kecamatan hingga ke desa-desa. “Kami sedang konsolidasi karena banyak simpul-simpul (basis massa) yang ingin bergabung,” kata Sukardi kepada VIVAnews.

Menurut Sukardi dukungan kepada Raja Yogyakarta terus bertambah.  Tim itu menggunakan rupa-rupa cara untuk membangun dukungan. Bukan hanya menggunakan jaringan, melainkan juga melalui menghimpun dana sukarela dari masyarakat.

Dana yang berhasil dikumpulkan rencananya digunakan membiayai kampanye Sultan. Selain itu, sumbangan itu sekaligus untuk  menumbuhkan rasa memiliki masyarakat terhadap Sultan bila kelak berhasil menjadi presiden.

Sekarang, Sultan menjabat Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. Dia adalah kader Partai Golongan Karya. Sultan memutuskan maju menjadi calon presiden melalui jalur independen. pada 28 Oktober 2008 dia mendeklarasikan diri menjadi calon presiden. Partai yang sudah resmi mendukungnya Partai Republikan.