Mustafa Izinkan Lahan BUMN untuk Rumah Murah

Perumahan rakyat
Sumber :
  • kemenpera.go.id

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan kesiapannya jika tanah atau lahan milik BUMN akan digunakan untuk mensukseskan program perumahan pro rakyat yang kembali digalakkan pemerintah.

Menurut Menteri Negara BUMN, Mustafa Abubakar, hingga saat ini, belum ada BUMN yang melapor mengenai kesulitan tentang masalah pengadaan perumahan murah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. "Silakan pakai tanah BUMN yang cocok untuk perumahan rakyat," kata dia di Kementerian Perekonomian, Jakarta, Rabu, 2 Maret 2011.

Dia menuturkan, BUMN yang menangani pembangunan perumahan itu adalah Perum Perumnas dan PT PP Tbk (Pembangunan Perumahan). Sementara itu, dari segi pendanaan, bank yang bisa dilibatkan adalah PT Bank Tabungan Negara Tbk. "Ketiga BUMN itu terkait erat dengan perumahan rakyat. Dan itu siap untuk kami realisasikan," kata Mustafa.

Seperti diketahui, pemerintah optimistis program rumah murah dengan kisaran harga Rp20-26 juta bakal terealisasi. Sebab, pemerintah cukup serius membahas program pengadaan rumah yang layak untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

"Hari ini, Pak Menteri (Menteri Perumahan Rakyat) dan Pak Hatta (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian) akan membahasnya," ujar Paul Marpaung, Deputi Bidang Perumahan Formal Kementerian Perumahan Rakyat saat dihubungi VIVAnews.com.

Dia menjelaskan, pembahasan yang dilakukan antara lain mengenai pendanaan bagi terwujudnya program rumah murah tersebut. "Yakni, berapa dana yang dikucurkan bagi program rumah pro rakyat melalui penghematan kementerian dan lembaga sejumlah Rp20 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2011," tutur Paul. (art)