KTM Milan Skutik Murah Bergaya Retro Eropa

APP-KTM Milan, Skuter asal Cina
Sumber :
  • APP-KTM

VIVAnews - Semakin menjamurnya sepeda motor otomatis atau skutik di Indonesia membuat pabrikan sepeda motor PT Asean Motor International (AMI) dengan merek APP-KTM memberanikan diri bergelut di segmen ini. salah satu andalannya adalah sepeda motor matik bergaya klasik atau retro bernama KTM Milan.

Motor matik dengan mesin 125 CC ini diklaim menjadi alternatif bagi masyarakat yang menginginkan matik murah dan gaya. Sebab, matik yang hadir dengan tiga pilihan warna ini dilepas dengan harga Rp 9,2 juta on the road Jabotabek. Desainnya yang bergaya retro klasik memang sangat identik dengan kawula muda.

"Milan mengusung konsep gaya hidup penuh fashion, dan terinspirasi budaya eropa, kami memang menyasar kaum muda, tapi orang tua yang berjiwa muda juga boleh pakai Milan," ujar GM Marketing PT Asean Motor Internasional, Redy Sun, di Jakarta, Rabu 17 Agustus 2011.

Milan memiliki lampu di dek depan dengan aksen krom di sekelilingnya. Secara keseluruhan body Milan tidak jauh beda dengan Yamaha Fino yang beredar di Thailand. Milan dilengkapi rem cakram di depan, dan rem teromol di belakang, sedangkan kedua rodanya menggunakan diameter 14 inchi.

Jarak sumbu roda Milan yang sepanjang 1.250 Cm diklaim lincah menerabas kemacetan. Mesin Milan dengan diameter piston 63,1 mm dan langkah piston 50 mm diklaim mampu menyemburkan daya 4,2 daya kuda pada RPM 7000.

Lebih lanjut, pihaknya menjamin ketersediaan spare part dan ketangguhan mesin Milan. Selain itu, KTM juga memberikan garansi 3 tahun atau 30.000 Kilometer tempuh untuk Milan. Matik yang menggunakan velg tipe palang (casting wheel) ini dilepas dengan warna putih-emas, hitam-silver, dan pink-putih. "Kami optimis penjualan Milan sampai Desember 2011 bisa mencapai 15.000 unit, atau sekitar 3000 unit terjual setiap bulannya," tegas Redy.

Selain harganya murah, KTM juga memberikan fasilitas uang muka terjangkau, dan angsuran ringan. Dengan membayar uang muka Rp 1,75 juta, pembeli bisa memboyong motor yang kunci kontaknya dilengkapi penutup magnet ini. "Selama masa pameran Agustus ini, di Mangga Dua Square bisa dapat cashback Rp 750.000 jadi cuma DP Rp 1 juta. Sedangkan angsuran hanya Rp 372.000 per bulan untuk tenor selama 3 tahun," paparnya.

Masyarakat bisa membeli Milan di sekitar 600 jaringan penjualan KTM di 23 provinsi di Indonesia. Penyaluran kredit didukung oleh Adira Finance dan Varia Intra Finance. Milan di produksi di pabrik KTM di Cikarang, dengan komponen lokal lebih dari 60 persen. Bahkan, pabrikan yang pernah menggandeng Inul Daratista sebagai ikonnnya tersebut berencana mengeluarkan satu jenis matik lagi tahun ini, modelnya bergaya sporty modern.