Calon Pemimpin KPK Pilihan Jimly Asshidiqie

Jimly Asshiddiqie
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Jimly Asshiddiqie, berpendapat bahwa untuk memulihkan citra Komisi Pemberantasan Korupsi yang tengah merosot saat ini, diperlukan sosok pimpinan KPK yang tidak bisa dirujuk sana-sini.

Sosok yang tepat itu menurut Jimly ada dalam diri Abdullah Hehamahua. “Ia bisa menjadi citra bersih bagi KPK,” ujar Jimly di sela-sela acara open house di kediamannya di Jakarta Selatan, Jumat 2 September 2011. Ia bahkan menilai Abdullah layak mengemban jabatan tertinggi sebagai Ketua KPK.

“Abdullah itu 'nabi', dalam artian pengalaman, penguasaan masalah, dan simbol kebersihan dia,” puji Jimly. Ketua KPK saat ini dipegang oleh Busyro Muqoddas. Selain Abdullah, ada beberapa calon pimpinan KPK lain yang diharapkan Jimly juga lolos uji kelayakan dan kepatutan di Komisi Hukum DPR.

Calon-calon itu adalah Bambang Widjojanto, Yunus Husein, dan Adnan Pandupraja. Jimly mengatakan, latar belakang Bambang sebagai pengacara yang kerap membela orang kecil, dapat menjadi ujung tombak upaya penindakan KPK.

Sementara Yunus Husein yang memiliki latar belakang sebagai Ketua Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan, dinilai Jimly memiliki kemampuan di bidang pencegahan korupsi. (umi)