DPR Minta Pemerintah Berani Naikkan Harga BBM

SPBU Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews- Anggota DPR-RI mendesak pemerintah untuk menaikan harga BBM subsidi. Jika tidak dikendalikan maka biaya politiknya akan semakin besar.

"Lebih baik subsidi dicabut, naikkan saja harga BBM subsidi," kata Anggota DPR-RI asal Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana dalam Rapat Kerja Komisi VII di Jakarta, Kamis 15 September 2011.

Sutan menjelaskan banyak pengamat energi menilai pemerintah maju mundur terkait harga BBM subsidi dan pengaturan BBM subsidi namun tidak pernah ada tindakan dari pemerintah.

Hal serupa juga dikatakan oleh anggota komisi VII dari Partai Golkar, Satya W. Yudha. Saat ini pemerintah tidak memiliki keberanian untuk mengecilkan volume BBM bersubsidi. Pemerintah harus bersikap apakah BBM subsidi ini mau dibatasi atau dikendalikan.

"Jika tidak diapa-apakan maka resiko politiknya bisa besar di tahun berikutnya," katanya.

Anggota DPR lainnya asal Golkar, Gito Ganinduto menjelaskan persoalan BBM subsidi dari tahun ke tahun pasti sama, setiap tahun kuota BBM pasti selalu terlewati. Ia melihat langsung selama kunjungan kerja di Kalimantan Barat banyak masyarakat yang antri hingga berjam-jam karena pasokan BBM belum datang.

"Bupati mengeluh karena sangat mengganggu pertumbuhan ekonomi daerah tersebut. Bupati bahkan mengusulkan untuk melakukan penyesuaian harga karena ternyata masyarakat sana mampu (membeli BBM lebih tinggi) daripada tidak ada sama sekali," katanya. (eh)