Cek Fakta: Pertandingan Timnas Indonesia vs Uzbekistan Diulang karena Wasit Curang

Pemain Timnas Indonesia U-23 Muhammad Ferarri
Sumber :
  • AFP/KARIM JAAFAR

QatarTimnas Indonesia U-23 kalah 0-2 dari Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U23 di Stadion Abdullah bin Khalifa Senin, 29 April 2024 malam.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

Dua gol tersebut dicetak oleh Khusayin Norchaev usai menerima umpan dari Mukhammadkodir Khamraliev pada menit ke-68 dan gol bunuh diri Pratama Arhan di menit ke-86.

Shen Yinhao yang tampil sebagai wasit dalam laga tersebut juga tengah ramai dibicarakan warganet Tanah Air lantaran sejumlah keputusannya dianggap merugikan Timnas Indonesia.

Kata Kapten Timnas Indonesia U-23 Usai Gagal Lolos Olimpiade 2024

Wasit asal China, Shen Yinhao

Photo :
  • Afc

Sejumlah keputusan wasit yang menjadi sorotan warganet yakni pelanggaran pemain Uzbekistan, Abdukodir Khusanov terhadap Witan Sulaeman di kotak penalti pada menit ke-25. Kemudian, gol Muhammad Ferarri yang dianulir pada menit ke-60 dan kartu merah yang diberikan kepada Rizky Ridho di menit ke-83.

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

Bersamaan dengan ramainya kontroversi Shen Yinhao dibahas di media sosial, muncul sejumlah video yang menarasikan bahwa pertandingan Timnas Indonesia dan Uzbekistan bakal diulang.

Video bernarasi pertandingan ulang itu dibagikan oleh YouTube BOBOLA TV (ditonton 135 ribu), Arie adiyasa (ditonton 247 ribu) dan Onlen News (ditonton 513 ribu).

“INDONESIA VS UZBEKISTAN RESMI DI ULANG ATAS REKOMENDASI KOMITE WASIT AFC DAN FIFA PAD HARI INI,” tulis BOBOLA TV.

YES ALHAMDULULLAH RESMI DIULANG ~AFC Beri pernyataan bijak ini usai temukan kejanggalan dari wasit,” tulis Arie adiyasa.

“UZBEKISTAN PASRAH !! AFC Temukan KECURANGAN, Laga Timnas U23 Vs Uzbekistan Diulang Rabu ~ Harus Itu,” tulis Onlen News.

Timnas Uzbekistan U-23 rayakan gol ke gawang Timnas Indonesia U-23

Photo :
  • AFP/KARIM JAAFAR

Informasi dihimpun VIVA Selasa, 30 April 2024, tidak ada informasi resmi dari AFC yang menyatakan bakal mengulang pertandingan Timnas Indonesia dengan Uzbekistan, baik di laman resmi maupun siaran pers.

Kekalahan Garuda Muda dari Serigala Putih memang sempat diwarnai keputusan kontroversial, namun AFC tidak membatalkan kemenangan Uzbekistan.

Terlepas dari kontroversi di lapangan, penampilan para pemain Uzbekistan memang cukup disiplin saat melakukan serangan maupun bertahan.

Setelah kekalahan ini, timnas Indonesia bakal menghadapi Irak dalam perebutan peringkat ketiga Piala Asia U23 2024. Laga tersebut akan dilangsungkan di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Kamis 2 Mei 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya