2 Pengakuan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Dilibas Uzbekistan

Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Timnas Indonesia U-23 gagal melaju ke babak final Piala Asia U-23 setelah dikalahkan Uzbekistan. Bertanding di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin 29 Apriln 2024, Indonesia kalah dengan skor 0-2.

Alasan PSSI Perpanjang kontrak Shin Tae-yong hingga 2027

Sejatinya, Indonesia bisa menahan imbang Uzbekistan 0-0 hingga babak pertama usai. Bahkan, Garuda Muda sempat merobek gawang Uzbekistan yang dikawal oleh Abduvakhid Nematov pada menit 60 lewat Muhammad Ferarri.

Sayangnya, gol ini dianulir setelah wasit Shen Yinhao mengecek VAR.

Rafael Struick Terpilih sebagai Bintang Masa Depan Piala Asia U-23 2024

Sebelum Ferarri mencetak gol, salah seorang pemain Indonesia, Ramadhan Sananta berdiri dalam posisi offside.

Wasit pun memutuskan gol Indonesia tidak sah. Selepas momen ini, Uzbekistan justru mendapatkan momentum.

Timnas Indonesia U-20 Tampil di Toulon Cup, Satu Grup dengan Italia

Usai pertandingan, pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengakui dua hal. Pertama dia menyebut  anak-anak asuhannya sedikit gugup sebelum memulai pertandingan.

"Pertama-tama saya mengapresiasi usaha bagus dari tim kami. Saya pikir Uzbekistan bermain dengan baik. Ada sesuatu yang saya merasa sedikit menyayangkan, tapi saya tidak mau menyebutkannya di sini," kata Shin.

"Saya pikir sebelum memulai pertandingan, kami merasa sedikit gugup. Mungkin ini mempengaruhi tim sehingga kami tidak bisa bermain sebaik biasanya," ujarnya.

Kedua, terlepas dari kondisi para pemainnya, Shin Tae-yong pun mengakui bahwa Uzbekistan bermain lebih baik dan lebih kuat.

"Uzbekistan memang masih lebih kuat. Selamat untuk tim Uzbekistan. Kami masih memiliki kesempatan untuk bermain di Olimpiade, jadi kami harus memiliki persiapan yang baik untuk bisa lolos ke Olimpiade," tutur pelatih asal Korea Selatan ini.

Selanjutnya, Indonesia akan melakoni laga perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 melawan Irak akan berlangsung pada Kamis (2/5) pukul 22.30 WIB di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya