Kasus Stevie, Manajer Timnas Kritik INASOC

Pemain Persipura, Stevie Bonsapia
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Manajer Timnas SEA Games Indonesia, Rosso Daras, mengkritik kinerja panitia INASOC (Indonesia Sea Games Organizing Committee) terkait kasus penanganan sakit bek kanan, Stevie Bonsapia.

Seperti diberitakan, Stevie dilarikan ke Rumah Sakit Jakarta pada Selasa malam, 8 November 2011. Bek lincah asal Persipura Jayapura itu mengalami gangguan lambung dan sempat muntah-muntah.

Kakak sepupu Stevie, Michael Nongko, sebelumnya menyatakan dokter timnas Indonesia tidak sigap dalam memberi saudaranya pertolongan. Namun, hal itu dibantah Rosso Daras.

"Dokter timnas itu ada di tempat [Hotel Sultan]. Namanya dokter Irwan. Dia enggak pernah meninggalkan tempat. Justru dia yang mencari-cari oksigen ke bawah tapi enggak dikasih INASOC," kata Rosso saat dihubungi VIVAnews.com, Kamis 10 November 2011.

Selain gangguan lambung, demam, dan muntah-muntah, Stevie juga memiliki penyakit asma. Namun, pihak panitia tidak bergerak cepat dalam memberi bantuan.

"Prosedur dari INASOC bertele-tele, jadi karena terdesak Stevie langsung dibawa ke rumah sakit. Oksigennya itu ada tapi enggak boleh dipinjam, enggak boleh dipakai, tapi ya sudahlah kita tidak mau berdebat. Kita langsung mengambil tindakan cepat karena posisinya sudah malam juga waktu itu," jelas Rosso.

Terkait kondisi Stevie saat ini, Rosso menjelaskan perkembangan pemain 23 tahun itu sudah menunjukkan tanda-tanda positif. "Stevie memang masih di rumah sakit. Tapi, mungkin pagi atau siang ini sudah kembali ke hotel. Saya harapkan seperti itu," tuntasnya.

Stevie tampil gemilang pada laga perdana Grup A SEA Games 2011 melawan Kamboja, 7 November lalu. Bermain sebagai bek kanan, Stevie tampil impresif baik dalam bertahan maupun membantu serangan.

Gol pertama yang dicetak Titus Bonai pada laga itu berasal dari assist-nya. Dari sisi kanan ia melepas umpan akurat yang kemudian ditanduk Tibo ke sudut gawang.