Dialah Pengganti Steve Jobs

Steve Jobs
Sumber :
  • appletribu.com

VIVAnews - Teka-teki pengganti Steve Jobs sebagai Chairman Apple Inc. akhirnya terungkap. Perusahaan teknologi dan gadget terkemuka ini akhirnya menunjuk Chairman Genentech Inc., Arthur Levinson, yang sebelumnya pernah menjadi co-Lead Apple Director sejak tahun 2005.

Selain menunjukan Levinson, Apple juga menggandeng CEO Walt Disney Co., Bob Iger, sebagai direktur guna menuntaskan ambisi perusahaan masuk dalam bisnis media.

Jobs dan Iger selama ini memang dikenal telah memiliki hubungan yang erat setelah Disney membeli Pixar senilai US$7,4 miliar pada 2006. Pixar sebelumnya diambil alih Jobs pada tahun 1986

Sejumlah analis sebelumnya memang sudah memperkirakan kepergian Jobs akan memicu perubahan besar-besaran di jajaran direksi Apple dengan mengangkat mereka dari posisi sebagai penasihat menjadi pimpinan yang visioner.

"Jajaran direksi juga diharapkan lebih banyak mengontrol perusahaan," ujar para analis seperti diberitakan Reuters, Rabu, 16 November 2011.

Selama ini, banyak kalangan yang prihatin dengan cara Jobs menyembunyikan kondisi kesehatannya dari jajaran direksi Apple. Padahal, kanker yang menggerogotinya itu terus berkembang selama setahun sebelum kematian Jobs.

Dalam sebuah buku biografi karangan Walter Isaacson terungkap bahwa di balik karisma Jobs, ternyata salah satu orang paling berpengaruh di bidang teknologi ini terkadang berbohong mengenai kondisi kesehatannya.

Selama ini Disney merupakan perusahaan yang merajai bisnis media mulai dari jaringan televisi ABC, stasiun televisi olahraga ESPN, film dan studio animasi, serta taman hiburan dan resor. (kd)