Penting! Orang Usia 44 Tahun Harus Segera Dapatkan Vaksin Ini, Kata PAPDI

vaksinasi booster (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA Lifestyle – Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam (PAPDI) menghimbau masyarakat mendapatkan imunisasi di segala usia di sepanjang umur. Pemberian vaksin ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

“Berkembang konsep yang namanya imunisasi sepanjang umur. Jadi tidak fokus pada anak atau dewasa, tapi sepanjang umur," kata penasihat Satuan Tugas (Satgas) Vaksin Dewasa PAPDI Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, Sp.PD-KAI dalam press conference di Jakarta Pusat, Senin 29 April 2024. 

Lebih lanjut diungkap oleh Samsuridjal bahwa seiring dengan perkembangan ilmu kesehatan khususnya di dunia vaksinasi. Terdapat perubahan fokus di mana saat ini vaksinasi tidak hanya diperuntukkan untuk anak-anak dan bayi saja.  Tetapi juga untuk dewasa yang mana menurut organisasi kesehatan Dunia (WHO) menyebut vaksinasi pada usia dewasa memiliki manfaat yang sama dengan vaksinasi pada anak-anak. 

Terpopuler: Kebiasaan yang Tidak Boleh Dilakukan di Mekkah sampai Alasan ke BaliSpirit Festival

Sebagai contoh, kasus kejadian pneumonia yang mana diketahui risiko penyakit pneumonia ini akan semakin meningkat seiring dengan pertambahan usia pasien. Samsuridjal memaparkan pneumonia pada anak di bawah lima tahun cukup tinggi dengan angka kematian yang relatif tinggi. 

Komnas KIPI, Sebut Penyakit TTS akan Muncul 4 Sampai 42 Hari Setelah Vaksin AstraZeneca Disuntikkan

Sementara angka kejadian pneumonia pada usia di atas 50 tahun sangat tinggi dengan angka kematian sangat tinggi. Maka dari itu pentingnya pemberian vaksin untuk mencegah keparahan dari penyakit pneumonia. 

Samsuridjal juga menjelaskan bahwa seseorang yang telah berusia 44 tahun setidaknya telah mendapatkan vaksinasi influenza satu tahun sekali, pneumonia satu kali seumur hidup, dan imunisasi tetanus, difteri, dan pertusis 10 tahun sekali.

Penanganan Jemaah Haji Sakit di KKHI PPIH Mekkah

Deretan Penyakit Ini Rentan Dialami Jemaah Haji dan Umrah, Wajib Vaksin Sebelum ke Tanah Suci!

Pada saat berada di Tanah Suci mereka akan bertemu dengan orang-orang yang berasal dari berbagai negara di dunia yang mungkin juga mempunyai faktor risiko penyakit

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024