Sommelier, Tukang Jodoh untuk Wine

Wine
Sumber :

Vivanews - Di film 'Kitchen Musical' yang sedang tayang di satu TV swasta, Selena Argon, sommelier The Avilon, terlihat piawai memadukan antara pilihan wine dengan makanan yang akan disajikan untuk para tamu. Bahkan, di satu episode, Selena bisa 'memenangkan' hati para kritikus makanan dan menjadikan The Avilon sebagai restoran paling disegani di Singapura.

Sebenarnya apa itu sommelier? Sommelier adalah istilah untuk orang-orang yang ahli soal wine. Mereka biasanya punya pengetahuan yang sangat mendalam soal wine ini. Mulai dari cita rasa, anggur untuk membuat wine dipanen tahun berapa, hingga harus bisa memadankan wine dengan makanan yang cocok.

Wine
awalnya memang lebih banyak populer di negara-negara barat. Tapi, seperti yang dikatakan oleh Thomas L. Friedman kalau sekarang 'The world is flat', budaya minum wine pun kini sudah menulari dan mejadi gaya hidup di Asia.

Contohnya saja di Jakarta. Makin banyak restoran yang kini tak malu-malu lagi menjadikan wine sebagai specialty mereka. Contohnya seperti di Decanter, Cork & Screw, atau Wine & Cheese.

Tentu saja, kehadiran restoran-restoran tersebut membutuhkan sommelier-sommelier handal. Agar terasah kemampuan mereka, kerap diadakan kompetisi antar somellier. Seperti  kompetisi wine 'Southeast Asia Sommelier Competition II' yang diadakan di Hotel Harris Kelapa Gading, Jakarta, Kamis, 17 November 2011.

Empat finalis yang terpilih akan memperebutkan gelar sommelier terbaik tingkat Asia Tenggara. Untuk itu mereka harus melalui tahapan penjurian seperti pengetahuan dasar soal wine hingga kepiawaian mengenali wine lewat aroma hidung dan palet di lidah.

"Untuk menjadi pemenang, mereka harus punya kenal apa itu wine sebenarnya. Dan, yang terpenting mereka harus bisa merepresentasikan diri bagaimana menjadi seorang sommelier profesional," ungkap Francois Millo, salah seorang juri.

Dan, setelah melalui seleksi ketat, perwakilan dari Malaysia, Rajeshwaran Raja Gopal akhirnya menjadi pemenang pertama. Peserta dari Singapura, Au Kok Hoong (Alan) menjadi pemenang kedua, peserta Malaysia, Edmund Liew, menjadi juara ketiga, dan peserta Taiwan, Thomas Ho, menjadi juara keempat.