28-2-1986: Pembunuhan PM Swedia Olof Palme

Perdana Menteri Swedia Olof Palme
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews – Pada 26 tahun lalu, seorang pria menembak Perdana Menteri (PM) Swedia, Olof Palme. Dia tewas dengan dua luka di perut, sementara isterinya selamat meski mendapat luka tembak di punggung. 

Menurut stasiun berita BBC, Olof bersama isterinya, Lisbeth, baru saja keluar dari gedung bioskop di pusat kota Stockholm saat seseorang tidak dikenal tiba-tiba menembak pasangan tersebut.

Olof Palme menjabat perdana menteri Swedia mewakili Partai Sosial Demokrat. Semasa hidupnya, Palme mendukung keterbukaan dan kesetaraan di kalangan masyarakat.

Kebijakan Palme yang mendukung kelas pekerja, negara berkembang, dan anti imperialisme membuatnya dituding sebagai pro komunis.

Uniknya, meski berstatus pejabat tinggi, Palme menolak dikawal di luar acara resmi, dan kerap berjalan seorang diri di dalam maupun di luar kota Stockholm.

Motif serta pelaku pembunuhan Palme tidak pernah terungkap dengan jelas. Seorang warga Swedia bernama Christer Petterson pernah ditangkap dan dijatuhi hukuman seumur hidup karena dituduh sebagai pembunuh Palme, namun kemudian dibebaskan karena dipandang tidak bersalah.

Petterson sendiri meninggal dunia pada bulan September 2004. Namun, sebelum meninggal, ia sempat mengaku jika dirinyalah yang membunuh perdana menteri Swedia itu.