Mandiri: Penyaluran Kredit Pangan Masih Minim

Pangan
Sumber :

VIVAnews - Direktur Commercial and Business Banking PT Bank Mandiri Tbk, Sunarso, mengatakan bahwa perbankan perlu melakukan skim pembiayaan di bidang pertanian dan makanan.

"Sawit juga ke pangan, dan pertanyaannya Bank Mandiri punya tidak skim untuk membiayai beras? Untuk beras itu ada KKPE (kredit ketahanan pangan dan energi) secara keseluruhan sebesar Rp200 miliar," kata Sunarso di Menara Bank Mandiri, Jakarta, Kamis 1 Maret 2012.

Menurut Sunarso, selama ini memang ada kendala dari sisi potensi penyaluran kredit di bidang pertanian, yang realisasinya terbilang masih kecil.

"Potensi kredit itu ada, tapi masalah penyaluran yang masih kecil realisasinya bagi kredit ketahanan pangan. Itu karena faktor skala usaha dan ketersediaan lahan," ujarnya.

Seperti diketahui, Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan kontribusi sektor pertanian, khususnya pangan, tampaknya semakin berkurang dalam output perekonomian Indonesia.

"Situasi ini mungkin berhubungan dengan proporsi pendapatan petani yang kecil dalam value chain produk pangan. Kami tentunya menyadari bahwa peran pertanian tanaman pangan tetap vital bagi perekonomian Indonesia," tuturnya. (art)