Mari Elka: Kenaikan Harga karena Faktor Cuaca

Sumber :

VIVAnews – Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu memastikan pada bulan April mendatang, harga sejumlah bahan pangan pokok terutama gula akan kembali turun mendekati normal. Hal ini terkait erat dengan semakin membaiknya musim di Indonesia.

"Kita berharap masalah gangguan cuaca ini akan segera mereda, sehingga bisa mengurangi gangguan dalam proses distribusi," kata Mari Elka di Departemen Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat, 13 Februari 2009.

Untuk saat ini, menurut Mari, kenaikan sejumlah harga bahan pokok di sejumlah wilayah Indonesia, lebih dikarenakan sulitnya proses pendistribusian dari produsen menuju ke konsumen. Kesulitan itu disebabkan cuaca yang buruk terutama di kawasan Indonesia Tengah dan Timur sejak awal tahun ini.

Mari mengakui khusus untuk gula, kenaikannya memang dirasa cukup tinggi. "Ini kami dapat berdasarkan laporan dari daerah," kata dia. Menurut Mari, kenaikan harga ini cukup tinggi karena saat ini bukan sedang musim giling.

Oleh karena itu untuk mengendalikan harga ini, sejumlah PTPN atau PT Perkebunan Nusantara dan mitra-mitranya bersedia untuk melakukan operasi pasar. "Kami sudah berkoordinasi dan mudah-mudahan kenaikan harga ini hanya bersifat sementara," ujar dia.