"Industri Musik Mati Suri Akibat Pembajakan"

Anggota Komisi I DPR, Tantowi Yahya.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAlife - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat-Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan  Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI), Tantowi Yahya menilai, industri musik Tanah Air sedang mengalami kondisi mati suri. Kondisi tersebut, ujar dia, tak lepas dari pembajakan yang masih belum bisa dikendalikan.

Tantowi menuturkan, pihaknya sudah menyampaikan masalah tersebut kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, pada 1 Agustus 2012 lalu. Dalam kesempatan tersebut, pengurus PAPPRI mengajukan sejumlah permohonan yang akhirnya dikabulkan Presiden.

"Membentuk tim khusus penegakkan HaKI atau pemberantasan pembajakan beranggotakan para menteri dan pejabat tinggi negara terkait dan perwakilan masayarakat musik dan melapor langsung ke Beliau," kata Tantowi dalam pesan BlackBerry Messenger (BBM) kepada VIVAlife.

Selain mendaulat Presiden menjadi Ketua Dewan Pembina, PAPPRI juga mengajukan permohonan agar hari lahir WR Supratman ditetapkan sebagai Hari Musik Indonesia lewat Keppres. (umi)