Kiat Vina Panduwinata Jaga Kualitas Suara

Jumpa Pers The Emerald Voice Of Vina Panduwinata Concert 2011
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAlife - Sebagai penyanyi senior yang eksis selama puluhan tahun, Vina Panduwinata punya cara sendiri menjaga kualitas suaranya. Apalagi malam tahun baru nanti, ia harus menyanyi sebanyak kurang lebih 10 lagu. Pasangan menyanyinya pun berbeda dari biasanya, Krisdayanti yang baru melahirkan dan Dira Sugandi yang tengah hamil besar. Vina membocorkan, intinya hanya satu, yakni menjaga stamina.

"Tidak hanya menjelang tahun baru, setiap hari itu harus dijaga, karena event kan nggak cuma satu," ucapnya yang ditemui saat latihan vokal di kawasan Tebet.

Untuk menjaga stamina itu, lanjutnya, dibutuhkan pola hidup yang baik. Caranya, bukan hanya berolah raga, tetapi juga menjaga apa yang dimakan. Menurutnya, percuma melakukan olah raga jika tak menjaga pola hidup sehat.

"Kalau rajin olah raga tapi makan nggak benar, tidur nggak benar, pola hidup nggak dijaga, nggak bisa juga," katanya.

Meski demikian Vina mengaku tak terlalu pantang pada makanan-makanan tertentu yang menjadi 'musuh' penyanyi. "Jangan diikuti, dari dulu saya nggak pantang makanan. Tapi saya coba imbangi dengan minum air putih yang banyak," ujarnya menyarankan.

Jika kualitas suara terjaga, Vina tak takut pada persaingan antar penyanyi meskipun kini makin banyak generasi muda. Ia justru menganggap persaingan itu sebagai hal yang positif dan harus ada untuk melecut diri.

"Kalau dia melakukan yang baik, kita juga harus lakukan yang baik," ujarnya.

Bagi Vina, persaingan itu bisa berubah menjadi negatif dan berbahaya jika salah diartikan. Terus berusaha lebih baik, membuatnya bisa mempertahankan eksistensi hingga kini. (eh)