Gagas MP3EI, Hatta Dianugerahi Gelar Kehormatan

HUT PAN ke 15
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menerima anugerah gelar Honorary Principal Engineer atau Perekayasa Utama Kehormatan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Kepala BPPT, Marzan A Iskandar, Senin 26 Agustus 2012 mengatakan gelar tersebut diberikan untuk mengapresiasi ide Hatta dalam menggagas Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Gagasan itu dituangkan dalam MP3EI 2011-2025. Pelaksanaan kebijakan ini merupakan wujud komitmen pembangunan ekonomi jangka menengah berbasis rekayasa iptek pada transformasi pembangunan ekonomi," ujarnya, dalam acara Pengukuhan Gelar Kehormatan Perekayasa Utama di kantornya, Jakarta.

Hatta Rajasa pada tahun ini merupakan peraih gelar ke-7, setelah sebelumnya sejumlah tokoh juga telah meraih gelar tersebut. Antara lain, pertama, Martha Tilaar, Perekayasa Utama Kehormatan Tahun 2012 untuk Bidang Kesehatan dan Obat-obatan. Kedua, Wiratman Wangasadinata, Perekayasa Utama Kehormatan Tahun 2011 untuk Bidang Infrastruktur.

Ketiga, Arifin Panigoro, Perekayasa Utama Kehormatan Tahun 2010 untuk Bidang Energi. Keempat, Rachmat Gobel Perekayasa Utama Kehormatan Tahun 2009 untuk Bidang Manufaktur-Industri. Kelima, Ciputra, Perekayasa Utama Kehormatan Tahun 2008 untuk Bidang Manufaktur-Arsitektur. Dan keenam, Emil Salim, Perekayasa Utama Kehormatan Tahun 2007 untuk Bidang Lingkungan-Kebumian.

Hatta yang juga pernah dianugrahi gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Pertanian di Nitra Slovakia ini mengaku bahwa dirinya bersyukur mendapatkan gelar dari bekas instansi yang pernah dipimpinya tersebut.

Dirinya berjanji, ke depannya akan menggunakan ilmu pengetahuan yang dimilikinya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang pembangunan. (umi)

"Insya Allah, gelar ini akan saya dedikasikan bagi kerekayasaan teknologi dalam pembangunan," tuturnya.