Kisah Tragis di Balik Kehidupan Glamor Artis Korea (I)

Choi Jin Sil
Sumber :
  • Soompi
VIVAlife - Gemerlap dan kemewahan dunia hiburan Korea sedang menjadi sorotan. Para artis di Negeri Ginseng tersebut menuai sukses, tak hanya di negaranya tetapi juga di luar negeri. 

Maklum, artis-artis Korea memang sedang naik daun. Mereka berhasil membuat terobosan mengguncang dunia dengan demam K-Pop. Tak hanya drama-dramanya, girlband dan boyband juga membawa wabah baru ke seluruh dunia. 

Sayangnya, tak semua artis bisa menikmati kesuksesan tersebut. Bahkan, tak jarang diantara mereka mengalami depresi karena terlibat utang, karir macet di jalan, dan berujung mengalami depresi. Hingga mengakhiri hidup dengan bunuh diri.

Sejumlah artis Korea memilih jalan pintas tersebut, karena mengadapi beratnya beban hidup. 

1. Woo Bong Shik

Persaingan yang ketat di dalam dunia hiburan Korea, membuat karir Woo Bong Shik sebagai aktor tidak berkembang. Ia pun merasa frustasi. Menurut laporan sejumlah media hiburan di sana, Woo Bong Shik menderita depresi ekstrem. Depresi itu disebut-sebut karena kegagalan kariernya sebagai aktor.

Seperti dikutip dari Soompi, sudah lama Woo Bong Shik menderita depresi. Ia menjalani perawatan psikologis sejak beberapa tahun lalu. Tak hanya itu, Woo Bong Shik juga harus minum obat karena depresi berkepanjangannya. 

Sejak menderita depresi, ia memilih untuk istirahat dari dunia akting. Ia tidak menerima tawaran apapun. Untuk memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-harinya, ia harus bekerja secara serabutan. 

Diduga tak tahan lagi menghadapi kehidupan, Woo Bong Shik memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan singkat. Ia bunuh diri dengan cara gantung diri. Woo Bong Shik ditemukan tewas di apartemennya, dengan tubuh yang masih menggantung pada Minggu, 9 Maret lalu. 

"Teman Woo Bong Shik meminta pemilik membukakan pintu apartemennya. Putri pemilik apartemen menemukan Woo Bong Shik sudah tak bernyawa," kata perwakilan Unit Investigasi Seoul.

Kematian aktor yang memulai kariernya di tahun 1983 itu membawa duka yang mendalam bagi rekannya sesama aktor, Kim Ki Cheon. Kim Ki Cheon sangat prihatin dan bersedih atas kematian rekannya, yang memilih mengakhiri hidupnya dengan tragis karena depresi. 

"Ia adalah seorang aktor karena ia kesepian. Sekarang ia sudah pergi, semoga tidak kesepian lagi di dunia lain," tulisnya.

Woo Bong Shik memulai debutnya sebagai aktor dalam drama "3840 Commando Unit" yang ditayangkan MBC. Ia juga sempat membintangi "Diary of June", "Siren", "Plastic Tree", dan "Fly High". 

2. Choi Jin Sil

Kesuksesan sebagai artis tidak lantas membawa kebahagiaan bagi aktris cantik Korea, Choi Jin Sil. Meski perjalanan kariernya sebagai artis berjalan mulus, Jin Sil justru mengalami depresi dan memutuskan mengakhiri hidupnya dengan tragis.

Kematian Jin Sil memang sudah beberapa tahun yang lalu. Namun, kisah hidupnya kembali dibicarakan ketika mantan suaminya, Jo Sung Min mengikuti jejaknya. Jo Sung Min ditemukan tewas gantung diri di apartemen kekasihnya baru-baru ini. Kedua anaknya harus kembali bersedih atas kematian ayahnya. 

Seperti dikutip dari Allkpop, tewasnya Jo Sung, membuat orang kembali mengingat artis kebanggaan Korea itu. Sebagai seorang artis, Jin Sil terbilang sukses. Ia salah satu artis terbaik di Negeri Ginseng. Sebanyak 20 serial drama dan 18 film layar lebar dibintangi artis kelahiran 24 Desember 1968 ini. Tak hanya itu, ia juga sangat laris sebagai model iklan.
 
Tahun 2000, Jin Shil menikah dengan salah satu atlet bisbol Korea, Jo Sung Min. Pernikahan mereka dikaruniai dua orang anak. Sayang, manisnya pernikahan hanya dirasakan sesaat oleh Jin Sil. Saat mengandung anak kedua, ia mendapat perlakuan kekerasan dari suaminya.

Jin Sil kembali menjadi korban kekerasan suaminya. Ia pun secara terang-terangan menyatakan kepada publik sebagai korban kekerasan dalam rumah tangga. Wajahnya bengkak dan memar karena perbuatan suaminya. 

Tak tahan menahan penderitaan, akhirnya ia memutuskan untuk bercerai. Suaminya juga memiliki utang piutang. Ia pun harus bertanggung jawab terhadap hal tersebut.

Masalah demi masalah menimpa kehidupan Jin Sil. Ia bahkan sempat dituding terlibat dalam kasus bunuh diri aktor Ahn Jae-hwan. Jin Sil dituding sebagai rentenir yang kejam. Aktor itu bunuh diri karena tak mampu membayar utang. Hal itu membuat ibu dua anak ini menjadi stres dan tertekan. Apalagi, ditambah banyaknya komentar buruk yang muncul di dunia maya.

Oktober 2008, Jin Sil ditemukan tewas gantung diri di kamar mandi di kediamannya di Seoul. Banyak dugaan kematian aktor Ahn Jae Hwan sebagai salah satu penyebab artis ini memilih gantung diri.  Namun, ada juga yang menduga kehidupan berat yang dialaminya, menjadi salah satu faktor Jin Shil nekat mengakhiri hidupnya. 

Sebelum ditemukan bunuh diri, ia sempat menuliskan kesedihan hatinya. "Saya sedih pada orang-orang di dunia ini. Saya tidak mengerti, mengapa mereka menyiksa seseorang dengan tuduhan peminjaman uang atau apalagi," ujarnya seperti dikutip dari Dramabeans.  

Aksi bunuh diri Choi Jin Shil diikuti saudara laki-lakinya yang bunuh diri pada tahun 2010 lalu.