Polisi Temukan Paket Bom ke Makassar Lewat Jasa Pengiriman

Kapolri Komisaris Jenderal Sutarman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan
VIVAnews - Menjelang Pemilihan Umum 2014, Datasemen Khusus 88 Anti Teror Polri menyita sejumlah rakitan bom dalam sebuah paket yang dikirim sekelompok teroris, melalui jasa pengiriman barang. Diduga bom itu akan diledakkan di beberapa tempat.

"Pengiriman bom itu dari Surabaya menuju Makassar," kata Kepala Polri Jenderal Polisi Sutarman dalam sambutan temu media tentang pengamanan Pemilu di gedung National Traffic Management Centre (NTMC) Polri, Jakarta Jumat 21 Maret 2014.

Namun, Sutarman tidak menjelaskan, kapan dan di mana bom itu ditemukan. Menurutnya, pemilik paket tersebut berniat meledakkan bom itu di sebuah tempat di Kota Surabaya dan Makassar. "Sebenarnya target mereka di Surabaya, lalu ke Makassar," katanya.


Kepolisian juga mengaku sudah menangkap tiga pelaku di lokasi berbeda-beda, yakni Surabaya, Makassar, dan Bengkulu. "Saat ini sedang kami evaluasi," kata mantan Kabareskrim Polri ini.


Sutarman mengimbau kelompok teroris tidak melakukan kekerasan yang merugikan masyarakat. "Kami mengimbau mereka melakukan kegiatan dengan cara damai dan bijaksana," katanya.


Ia juga berjanji akan menangkap para tersangka teror yang masih berkeliaran itu hidup-hidup. "Sepanjang saya bisa menangkap hidup-hidup itu akan kami utamakan. Tapi kalau membahayakan tugas akan kami tindak tegas," ujarnya. (umi)