5 Stasiun Kereta Terindah di Negeri Paman Sam

Los Angeles Union Station, Los Angeles, California
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Ingat film Hachiko yang diperankan Richard Gere? Selain membuat penontonnya terharu dengan kesetiaan anjing yang luar biasa, film itu juga memperlihatkan stasiun kereta cantik, tempat Hachiko menjemput Gere setiap hari. 

Nah, di Amerika Serikat, terdapat stasiun kereta yang tak kalah cantik. Bukan hanya soal arsitektur, stasiun tersebut juga menjadi rumah bagi mahakarya seni yang memikat para pengunjungnya.

Dijamin, sesiapa yang berkunjung ke stasiun tersebut, tidak akan merasa bosan menunggu, sebab stasiun-stasiun ini dibangun dengan sentuhan karya seni dan kemegahan tersendiri.

Berikut ini stasiun kereta api terindah di AS, dilansir Huffington Post:

Cincinnati Union Terminal, Cincinnati, Ohio

Stasiun bergaya Art Deco ini hampir semua sudutnya tertutup oleh karya seni, seperti air mancur mencolok di depan bangunan, pola lantai dengan ukiran terrazzo, serta karya seni mural yang dibuat oleh pelukis Jerman Winold Reiss. Bahkan ada tiga situs museum di stasiun ini serta bioskop.

Los Angeles Union Station, Los Angeles, California

Dibangun pada tahun 1939, LA Union Station dipuji sebagai stasiun kereta api terbesar yang dibangun di AS. Stasiun ini bergaya arsitektur Hibrida Art Deco, yaitu mengusung gaya Kolonial Spanyol Revival dan gaya Mission Revival. Interior di stasiun ini memiliki ubin yang berwarna-warni. Selain itu, terdapat juga pohon palem, air mancur, dan taman yang terawat di luar membuat tempat ini terlihat sangat asri.

Stasiun Kereta Amtrak, Barstow, California

Meskipun interior stasiun ini sangat terkesan biasa tapi didalamnya memiliki bangku kayu dan lampu gantung yang praktis dan elegan. Hal itu adalah cerminan kepribadian stasiun kereta Amtrak.

Tampak luar stasiun ini memiliki gaya yang klasik, semua atap berwarna-warni dengan gaya Mediterania. Dibangun pada tahun 1911, stasiun ini biasa dipakai sebagai transit utama dan rumah bagi Museum Kereta Api Barat Amerika dan Barstow Route 66.

Chicago Union Station, Chicago, Illinois

Union Station Chicago telah selesai pembangunannya pada tahun 1925. Stasiun ini dibangun oleh arsitektur Daniel H. Burnham dibantu oleh Pierce Anderson terlibat dalam pembangunan  stasiun ini. Desainnya terinspirasi oleh sejumlah gaya arsitektur yang berbeda-beda. 

Gaya yang berbeda itu meliputi, elemen klasik termasuk Arch of Constantine di bagian luar muka bangunan dan ruang berkubah besar the Baths Diocletian.

Bagian depannya membentang lebih dari 600 meter langit-langit ruang tunggu setinggi 96 meter dari atas lantai, batu prasasti, dan patung alegoris dalam gaya Beaux-Arts. Bahan material yang digunakan berasal dari marmer, daun emas, dan granit putih dari tambang yang tidak terpakai.

Main Street Station, Richmond, Virginia

Stasiun ini memiliki bangunan mencolok yaitu dilengkapi dengan bata merah, menara jam kubah, atap genting, dan jendela menara seperti khas Seni Beaux Gaya yang populer ketika dibangun pada 1901. 

Dihiasi dengan perlengkapan arsitektur yang terbuat dari terakota dan batu, stasiun ini tidak akan terlihat sama seperti bangunan di Paris. Dikabarkan juga akan ada kafe bawah tanah di dekat stasiun.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]