Survei: 96 Wanita Tidak Mempersepsi Diri Cantik

Wanita sedang berkaca melihat wajahnya.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id - Menurut Anda, apa definisi cantik? Kulit putih, rambut panjang, hidung mancung, tubuh langsing dan kaki jenjang? Tentu tidak semua orang setuju akan hal tersebut.

Setiap orang memiliki sudut pandang berbeda mengenai kecantikan. Biasanya, wanita bangga dengan kecantikan yang ada pada dirinya.

Namun ternyata, hasil survei yang dilakukan Dove di seluruh dunia menyatakan bahwa, 96 persen wanita tidak memilih kata cantik untuk menggambarkan dirinya.

Survei tersebut dilakukan di lima kota besar di dunia. Yaitu, San Fransisco, Shanghai, New Delhi, London dan Sao Paolo.

Sedangkan di Indonesia, Eva Arisuci Rudjito, Marketing Director Skin Cleansing and Body Care PT Unilever Indonesia mengatakan bahwa 8 Dari 10 wanita merasa puas dengan penampilan dirinya.

"Survei itu dilakukan di tiga kota, Jakarta, Surabaya dan Medan dengan melibatkan 300 responden. Namun sayangnya, Hanya 1 Dari 10 wanita yang menyebut dirinya cantik," kata Eva dalam acara DOVE #CHOOSEBEAUTIFUL di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 16 April 2015.

Mengenai pandangan cantik yang beredar di masyarakat Indonesia yang cenderung berpandangan kulit putih, Psikolog Efnie Indrianie menjelaskan bahwa Indonesia menganut budaya kolektifis yakni, satu budaya yang mementingkan persepsi bersama.

"Budaya itu udah ada pada proses penanaman nilai dari kecil. Ketika anak dibilang jelek sama ibu, dia akan terus beranggapan demikian," jelasnya.

Selain itu, Efnie menambahkan bahwa efek dari kata-kata sangat kuat. bahkan, software dari otak manusia sebagian besar terdiri dari kata-kata.

"Cantik terdiri dari mind, body, and soul. Ketika seseorang balance antara mind, body dan soul, dia enggak akan jadi arogan bilang kalo 'gue cantik'," tambah Efnie.


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]