Penyanyi Jazz Afrika Kagumi Musik Indonesia

Sumber :
  • Nuvola Gloria/ VIVA

VIVA.co.id - Tidak sedikit penyanyi dari luar negeri datang ke Indonesia untuk menjajal peruntungannya. Mereka pun rela menyanyi dari satu acara ke acara lainnya di sejumlah kafe ternama di ibukota.

Salah satunya adalah penyanyi jazz asal Afrika Selatan, Kgomotso Xolisa Mamaila, yang bertandang ke Indonesia untuk mengeksplorasi dunia dengan musik jazz yang dianutnya. Dia sangat senang dapat berkunjung ke Indonesia untuk pertama kalinya.

"Ini pertama kalinya saya berada di Indonesia, dan akan berada di sini selama sampai satu tahun ke depan. Saya akan tampil di tiga kafe ternama di Jakarta untuk membawakan lagu jazz. Bagi saya, Indonesia sangat menghargai seluruh aliran musik, dan jazz sangat dihargai," kata Kgomotso di Negev Art Gallery & Bar, Jakarta Selatan pada Rabu malam, 16 Desember 2015‎.

Jazz Afrika Selatan telah diusung dari berbagai elemen yang berkontribusi terhadap perkembangannya. Wanita yang mempelajari musik di Eastside College ini merasa terhormat dapat membawakan lagu Jazz Afrika Selatan di Indonesia.

Dia pun juga ingin mendapatkan kesempatan untuk bisa berkolaborasi dengan musisi Indonesia. Bahkan dia pernah mendengarkan salah satu lagu dari trio GAC, yakni Gamal, Audrey, Cantika.

"Tentu saya ingin berkolaborasi dengan musisi Indonesia suatu saat nanti. Saya pernah dengar dan lihat di youtube personil GAC membawakan lagu Bahagia. Lagunya enak," tutur Kgomotso.

Wanita yang menjadi back-up vocalist Dorothy Masuka ini membawakan lagu evolusi jazz Afrika Selatan yang berisi lingkungan rasisme dan pelanggaran HAM. Dia juga menjadi penyanyi utama untuk grup Musica Wa Makhado di Budapest Music Festival. (ren)