Telkom Punya Solusi Masalah Langganan IndiHome

Ilustrasi IndiHome Telkom
Sumber :
  • www.change.org

VIVA.co.id – Banyak pihak yang merasakan keberatan dengan mekanisme berlangganan Triple Play (telepon, internet, dan TV berbayar) yang diberlakukan Telkom IndiHome.

Masalahnya, jika pelanggan ingin berhenti berlangganan (unbundling), otomatis seluruh layanan akan berhenti, termasuk telepon rumah. Inilah yang menjadi tantangan bagi pemain layanan Triple Play di Indonesia, khususnya Telkom.

Menurut Vice President Consumer Marketing and Sales Telkom, Jemy V. Confido, untuk mengatasi hal itu, perusahaannya telah memiliki solusi. Sayangnya, ada beberapa benefit dalam layanan telepon yang tidak akan didapat mantan pengguna Triple Play IndiHome.

"Kami siapkan teknisi untuk melayani pelanggan yang ingin unbundling (berhenti langganan) internet dan televisi. Meski masih bisa menggunakan telepon rumah, tetapi bonus telepon lokal dan interlokal selama 1.000 menit tidak bisa kami berikan," ujar Jemy melalui keterangannya, Jumat, 12 Februari 2016.

Internet dan televisi berbayar memang merupakan barang baru bagi pasar teknologi di Indonesia. Beberapa perusahaan ikut memajukan bisnis ini dan menggabungkanya dalam layanan Triple Play. Beberapa di antaranya, seperti First Media, MNC Play, atau Biznet.

Dari sekian banyak penyedia layanan Triple Play, hanya Telkom yang memaketkan dengan layanan telepon rumah. Padahal, saat ini telepon rumah tidak lagi menjadi 'primadona' seiring dengan tumbuhnya komunikasi seluler.