Mahasiswa Yogya Bikin Sepeda Android, Tak Perlu Dikayuh

Sepeda Android
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita

VIVA.co.id – Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil memperkenalkan sepeda listrik sebagai produk pengusaha teknologi (technopreneur). Sepeda listrik berbasis Android buatan Dangin dan kawan-kawannya itu berlabel Astrobike. 

Astrobike memiliki 2 tipe, yaitu tipe sepeda wanita dan sepeda pria. Dengan keunggulan dan desain yang eye catching, Astrobike berhasil menarik perhatian di beberapa pameran teknologi.

“Sepeda Astrobike berawal dari kebutuhan saya seorang mahasiswa yang tidak memiliki sepeda motor, maka saya otak-atik sepeda saya agar memiliki kemampuan yang sama dengan motor sehingga sepeda ini bertenaga listrik tidak perlu dikayuh dan dengan sistem engine-nya dikendalikan dengan HP Android,” ujar Dangin sang kreator sepeda, Rabu 11 Mei 2016.

Keunggulan Astrobike yaitu pada double system charging, lock system, dan sistem monitoring berbasis Android, Astrobike Aplication, dan beberapa fitur lain yang ditawarkan. Inovasi generasi muda berpengaruh terhadap kemajuan Tanah Air.

"Teknologi demi teknologi mulai menjadi fokus Indonesia sebagai tuntutan zaman," ujarnya.

Rektor UNY Rochmat Wahab saat mengunjungi stand pameran pun langsung bergegas mencoba dan berkeliling di dalam GOR UNY. “Buat yang banyak. Jadikan sepeda kampus,” ujar Rektor UNY.

Kata-kata Rektor UNY jelas memberi lecutan semangat kepada Dangin dan temannya sebagai bentuk dukungan technopreneur muda yang sedang mengawali kariernya.

“Belum ada 6 bulan Astrobike dibuat sehingga kami benar-benar masih di awal karier dan membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak," kata Dangin.