Perlakukan Gaji Anda dengan Bijak Lewat 4 Cara Ini

Ilustrasi menerima gaji
Sumber :
  • menul.my.id

VIVA.co.id – Apa yang biasanya Anda lakukan ketika baru mendapatkan gaji? Belanja? Ditabung? Atau, untuk hal lain yang dianggap lebih berguna bagi Anda. 

Itu semua tentunya adalah terserah Anda. Tapi yang pasti, semakin besar jumlah penghasilan yang didapat, maka akan semakin besar pula peluang bagi seseorang untuk menggunakan uangnya lebih banyak. 

Tetapi, sebagian orang lainnya justru merasakan sebaliknya. Semakin besar penghasilan, maka akan semakin banyak uang yang bisa disimpan. Karenanya, ada anggapan kalau kebahagiaan tidak selalu dapat diukur dari besarnya penghasilan yang didapat setiap bulan.

Asumsi sebagian besar orang, bila kebutuhannya tercukupi, bahkan dapat mewujudkan berbagai keinginannya, maka dapat membuatnya senang dan bahagia. Besar, atau pun kecil penghasilan yang dimiliki, bila dapat dikelola dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, maka uang yang didapat bisa dikatakan sudah digunakan secara efektif. 

Jadi dapat dikatakan, kebahagiaan seseorang tergantung dari Anda sendiri, yaitu seberapa bijak Anda dalam menggunakan penghasilan yang didapatkan. Nah, untuk membantu Anda menjadi lebih bahagia, Berikut, beberapa cara bijaksana yang dapat Anda terapkan dalam memanfaatkan penghasilan:

1. Gaya hidup sederhana

Dengan menerapkan gaya hidup sederhana akan membuat Anda mensyukuri setiap penghasilan yang didapatkan. Bila terbiasa dengan gaya hidup tinggi, akan sulit mengubah gaya hidup itu. Kecuali, bila tekad Anda sudah bulat. 

Sebagai contoh, terbiasa makan dengan daging, lalu kemudian diubah menjadi makan tahu dan tempe, pasti tentunya akan sulit membiasakan hal tersebut. Tanamkan dalam diri, kalau makan tempe itu tidaklah “katro”, tetapi untuk kesehatan karena tempe adalah makanan yang bergizi.

Ingat, kehidupan yang tidak menentu akan membuat penghasilan yang diterima tidak selalu sama nilainya. Maka persiapkan diri untuk menghadapi kondisi keuangan yang tak menentu tersebut dengan langkah ini.

Baca Juga: Cermat Memilih Mobil Bekas Sebelum Kredit

2. Hilangkan rasa iri

Bila tinggal dalam sebuah lingkungan, terkadang rasa iri ini dapat muncul bila melihat tetangga dengan usia yang relatif sama, namun sudah dapat memiliki segalanya. Sebagai contoh, tetangga bisa memiliki rumah, kendaraan, hingga dapat jalan-jalan ke luar negeri. Sementara, Anda tidak. 

Rasa iri tersebut merupakan hal yang wajar, karena masih ada semangat berkompetisi. Namun, terkadang jadi berlebihan, sehingga membuat sebagian orang jadi memaksakan diri, agar memiliki sesuatu yang dimiliki oleh tetangga. Padahal, kondisinya tidak memungkinkan. 

Karena itu, mulai dengan menanamkan pada diri Anda bahwa dengan hidup sederhana yang Anda jalani sudah cukup membuat bahagia.

Baca Juga: 10 Universitas Terbaik vs Universitas Favorit di Indonesia

Selanjutnya, jangan selau mengikuti tren...
 

3. Jangan selalu mengikuti tren

Perkembangan zaman diiringi dengan perkembangan aspek kehidupan di dalamnya, seperti fashion, hingga teknologi. Dengan arus perkembangan yang sangat cepat itu, tentu akan memengaruhi Anda untuk mengikuti arus perkembangan zaman tersebut.

Masalahnya, terkadang kita memaksakan diri untuk terus mengikuti perkembangan tersebut. Maka pilihannya dari masalah itu adalah jangan diikuti, cukup menyesuaikan saja dengan perkembangan yang ada.

Sebagai contoh, setiap tahun selalu diluncurkan gawai dengan teknologi terkini. Kalau ingin membelinya, coba kembali tanya pada diri sendiri, apakah Anda membutuhkannya untuk gaya hidup, atau untuk kebutuhan penunjang pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Jika lebih condong untuk gaya hidup, lebih baik tidak perlu dibeli.

4. Selalu bersyukur

Dengan menerapkan rasa syukur pada diri sendiri, akan membuat Anda lebih bijaksana menggunakan penghasilan. Coba lihat, apakah kebutuhan sandang dan pangan Anda sudah tercukupi?

Jika iya, bersyukurlah. Karena tidak setiap orang, punya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pokok tersebut, bahkan cenderung kekurangan.

Selain itu, juga bersyukurlah kalau masih dapat memiliki pekerjaan, sebab masih ada orang-orang lain di luar sana belum tentu seberuntung Anda, yang sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan setiap bulannya.

Baca Juga: Perlu Pinjaman Dana Tunai? Simak 11 Cara Mudah Mendapatkannya

Manfaatkan penghasilan Anda dengan bijak

Dengan menerapkan langkah-langkah bijaksana tersebut, akan membuat Anda selalu mensyukuri berapa pun jumlah penghasilan yang didapatkan setiap bulannya. Sebagian besar orang memiliki keinginan untuk memenuhi keinginan yang belum dimiliki. 

Akibatnya merasa penghasilan yang sudah didapatkannya masih saja kurang, walaupun jumlahnya sudah cukup besar. Mulailah dengan bijak dalam memanfaatkan penghasilan yang dimiliki saat ini, karena kita tidak akan pernah tahu, apakah akan tetap mendapatkan penghasilan, atau tidaknya di bulan depan.

Baca Juga: Delapan Tips Mengatur Gaji Untuk Masa Depan Cerah
 

(asp)