IPO, Nilai Pasar Snapchat Diperkirakan US$24 Miliar

CEO Snapchat, Evan Spiegel
Sumber :
  • USAToday

VIVA.co.id – Induk perusahaan Snapchat, Snap Inc, akan melakukan pencatatan saham perdana atau initial public offering (IPO) di bursa saham Amerika Serikat pada hari ini Kamis 2 Maret 2017. Ini akan menjadi sejarah karena debut perdana perusahaan asal California ini merupakan IPO perusahaan teknologi AS terbesar, sejak Facebook pada 2012.

Dilansir Channel News Asia, Kamis 2 Maret 2017, Snap menghitung nilai pasar perusahaan jaringan sosial populer itu seharga US$24 miliar. Snap menyatakan, harga saham IPO ditetapkan di US$17 per lembar saham, lebih tinggi dari harapan analis US$14-US$16, di tengah tingginya permintaan investor.

IPO saham ini akan memungkinkan Snap memperoleh dana segar US$3,4 miliar untuk memperluas unit bisnisnya. IPO ini akan membuat Snap memperoleh predikat sebagai perusahaan teknologi terbesar yang terdaftar di bursa saham AS, sejak IPO saham e-commerce asal Tiongkok, Alibaba, pada 2014 lalu.

Perdagangan saham akan dimulai pada Kamis ini dengan kode emiten SNAP di New York Stock Exchange. Snap tahun lalu memperoleh pendapatan US$404 juta.

Snap saat ini memiliki 158 juta pengguna aktif setiap hari, dan lebih dari 2,5 miliar Snap diciptakan setiap hari. (mus)